Jumat 25 Desember 2020, 16:30 WIB

Menkes Prioritaskan Penambahan Tempat Tidur di Rumah Sakit

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Menkes Prioritaskan Penambahan Tempat Tidur di Rumah Sakit

ANTARA/Arif Firmansyah
Petugas menyiapkan bantal dan kasur untuk rumah sakit darurat di wisma atlet Kota Bogor, GOR Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/12).

 

TERKAIT antisipasi lonjakan kasus covid-19 akibat libur Natal dan Tahun Baru, yang paling penting yaitu meningkatkan jumlah tempat tidur di rumah sakit, baik biasa maupun intensive care unit (ICU).

"Kebetulan di RSCM tempatnya ada dan tinggal kami tambah bed dan ICU. Ada potensi 100 bed tambahan," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam press briefing bertajuk Langkah Antisipatif Menghadapi Lonjakan Kasus Covid-19 di RSCM, Jakarta Pusat, Jumat (25/12).

Dalam pantauan ke RSCM, pihaknya akan segera mengalokasikan tambahan perawat guna mengimbangi kebutuhan rumah sakit tersebut. Apalagi saat ini jumlah dokter cukup, peralatan kesehatan terpenuhi, dan ruangannya juga tersedia.

"Ada penambahan 100 bed di rumah sakit yang ada sekarang. Nanti teknisnya akan lebih mudah," sebutnya.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah dan Satgas Covid-19 daerah mengantisipasi penularan covid-19. Seperti dengan cara memastikan para pelaku perjalanan yang masuk ke daerah sudah melakukan tes RT-PCR ataupun rapid test antigen. Hal ini dilakukan selama berlangsungnya masa libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021.

"Pastikan juga ketersediaan ruang isolasi. Kami menympaikan terima kasih kepada seluruh daerah yang telah membuat surat edaran yang membatasi pelaku perjalanan," imbau Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Gedung BNPB, Kamis (24/12), yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata diharapkan dapat memahami pandemi covid-19. Kebijakan pemerintah dalam melaksanakan pembatasan pelaku perjalanan merupakan upaya perlindungan kepada masyarakat sekaligus pengendalian penyebaran covid-19.

Imbauan juga ditujukan khusus kepada umat kristiani agar mematuhi protokol kesehatan dalam merayakan Natal. Masyarakat juga patuh terhadap protokol kesehatan dalam merayakan Tahun Baru. Hindari kegiatan yang menimbulkan kerumunan. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Lansia yang Sudah Vaksin Lengkap, Diminta Segera Booster

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:10 WIB
Pasalnya, lansia merupakan kelompok yang rentan terinfeksi covid-19, khususnya subvarian Omikron. Jika sudah mendapatkan vaksin...
MI/Susanto

61,81% Jemaah Haji Indonesia Memiliki Risiko Tinggi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:40 WIB
Menurut PPIH Arab Saudi bidang kesehatan bahwa jemaah haji Indonesia per 25 Juni 2022 yang memiliki risiko tinggi terhadap kesehatan...
MI/Susanto

Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Menjadi 12 Orang

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:25 WIB
Sementara jemaah haji sakit sebanyak 520 orang, sebanyak 446 orang rawat jalan, 60 orang dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia, dan 14...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya