Rabu 25 November 2020, 22:34 WIB

Orang Indonesia Lebih Percaya Diri Hadapi Penuaan

Eni Kartinah | Humaniora
Orang Indonesia Lebih Percaya Diri Hadapi Penuaan

Ist
Dr. Rimbawan pada eWellness Tour dengan topik diskusi terkait dengan hasil survei.

 

SEBAGAI rangkaian kampanye Get Moving With Good Nutrition (GMGN), Perusahaan nutrisi global Herbalife Nutrition kembali menyelenggarakan eWellness Tour dengan topik diskusi terkait dengan hasil survei “Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging Survey 2020” yang mengungkapkan bagaimana masyarakat memiliki visi yang jelas tentang apa arti penuaan sehat bagi mereka.

TIGA dari 10 konsumen  memiliki kepercayaan diri untuk dapat menjalani masa tua dengan sehat. Selebihnya, mereka sangat khawatir jatuh sakit karena kekebalan tubuh yang menurun dan  kekhawatiran menjadi alasan utama.

Hal tersebut terungkap dari hasil Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging Survey 2020.  Seiring dengan kampanye  Get Moving With Good Nutrition (GMGN), maka digelar eWellness Tour dengan topik diskusi terkait dengan hasil survei.

eWellness Tour menghadirkan narasumber Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Dr. Rimbawan dan Ketua Umum Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswari, sebagai pembicara.

Kehadiran dua ahli dan praktisi kesehatan dalam kegiatan ini ditujukan untuk memberikan informasi kesehatan dan nutrisi bagi masyarakat sekaligus menindaklanjuti temuan pada survei sebelumnya. Survei menyatakan bahwa praktisi kesehatan merupakan sumber yang dipercaya 75% masyarakat di Asia Pasifik dalam mendapatkan informasi seputar nutrisi dan kesehatan.

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, menegaskan bahwa di Asia Pasifik, hanya 3 dari 10 responden merasa yakin akan kemampuan mereka dapat menua dengan sehat.

“Perlu diinformasikan pula bahwa semua orang memiliki peluang yang sama untuk dapat menjalani masa penuaan dengan sehat,” tambah Andam Dewi.

Definisi ‘Menua dengan sehat’ saat ditanya terkait definisi menua dengan sehat, responden Indonesia memiliki pandangan positif.

Sebanyak 63% menyatakan bahwa penuaan dengan sehat berarti tidak menderita penyakit tertentu di saat tua. Sementara 58% responden juga mendefinisikan menua sehat dengan tidak menjadi beban bagi keluarga mereka. Sebanyak 49% juga menyatakan tetap aktif dan tajam secara mental adalah definisi menua dengan sehat.

Hanya tiga dari 10 (28%) konsumen Asia Pasifik yang menyatakan keyakinan akan kemampuan mereka untuk menua dengan sehat. Konsumen di Asia Tenggara umumnya lebih percaya diri dibandingkan di Asia Timur Laut.

Kepercayaan diri Indonesia paling besar (61%), diikuti oleh Malaysia (44%) dan Filipina (43%). Di sisi lain, konsumen di Korea (17%), Taiwan (17%), Hong Kong (13%), dan Jepang (9%).

Mayoritas responden di Indonesia memahami pentingnya penuaan yang sehat, dengan lebih dari delapan dari 10 konsumen (82%) telah mengambil langkah-langkah untuk membantu menua dengan sehat.

Langkah-langkah yang dilakukan antara lain sebanyak  73% telah memperbaiki asupan nutrisi mereka,  63%n menyatakan mereka telah melakukan lebih banyak olahraga reguler,  50%n juga menyatakan telah melakukan aktifitas yang menstimulus kesehatan mental

Sementara itu, 46% mengkonsumsi suplemen yang mendorong kesehatan dan 42% juga telah melakukan pengecekan kesehatan lebih teratur.

“Kami percaya bahwa dengan berbagi edukasi dan informasi tentang penerapan kebiasaan hidup sehat yang benar dan aktivitas fisik yang sesuai, kami dapat membantu orang menemukan jalan yang benar menuju penuaan yang sehat,” jelas Andam Dewi. (Nik/OL-09)

 

 

Baca Juga

Dok. akun IG @jokowi

Jokowi Sampaikan Belasungkawa atas Kepergian Buya Syafii

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 27 Mei 2022, 14:04 WIB
Sekitar dua bulan lalu, Kepala Negara sempat menjenguk Buya Syafii di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Namun ternyata, itu merupakan...
Dok BPIP

Kepala BPIP: Bangsa Indonesia Kehilangan Sosok Pemikir Islam dan Ulama Kharismatik

👤Siswantini Suryandari 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:59 WIB
Buya Syafii dikenal sebagai ulama kharismatik sekaligus pemikir Islam kontemporer di...
ANTARA FOTO/ Reno Esnir

Puan Ajak Anak Bangsa Lanjutkan Cita-Cita Buya Syafii

👤Sri Utami 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:56 WIB
Ketua DPR Puan Maharani berduka atas wafatnya Buya Syafii Maarif. Menurutnya, Bangsa Indonesia kehilangan tokoh besar dengan kepergian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya