Senin 18 Mei 2020, 17:13 WIB

Kalbe Farma Petakan Potensi Produk Obat Covid-19

Hilda Julaika | Humaniora
Kalbe Farma Petakan Potensi Produk Obat Covid-19

Antara/Wahyu Putro
Presiden Joko Widodo saat meninjau fasilitas produksi Kalbe Farma di Cikarang, Jawa Barat.

 

PT Kalbe Farma Tbk tengah memetakan potensi produk vaksin dan produk lain yang berkaitan dengan covid-19. Saat ini, perusahaan mengelompokkan produk dan calon produk, untuk membantu penanganan covid-19 di Tanah Air.

“Dari dampak covid-19 kami mencoba mengelompokkan apa yang bisa kita lakukan untuk menyiapkan produk terkait segala macam jenis virus. Karena virus yang kita jaga sekarang adalah covid-19,” ujar Direktur Utama Kalbe Farma, Vidjongtius, dalam konferensi pers virtual, Senin (18/5).

Baca juga: Update Covid-19 per 18 Mei: 18.010 Positif dan 4.324 Sembuh

Berdasarkan pemetaan, perusahaan mendapat beberapa calon produk. Mulai dari potensi produk vaksin hingga obat herbal khas Indonesia. Pihaknya juga memikirkan upaya kolaborasi untuk Research and Development (RnD), berikut uji klinis dengan partisipasi konsorsium pemerintah.

“Kami pun masuk ke alat kesehatan. Seperti hand sanitizer, masker dan jenis alat kesehatan lain. Kita coba petakan. Karena ini menjadi suatu rencana kerja dalam jangka pendek maupun menengah,” imbuh Vidjongtius.

Baca juga: Kandidat Vaksin Covid-19 dari Oxford Tunjukkan Kemajuan

Namun, perusahaan masih menghadapi masalah ketergantungan impor bahan baku. Oleh karena itu, Kalbe Farma berupaya mempercepat proses dengan membuka diri untuk belajar. Termasuk, melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti akademisi, pemerintah dan industri.

“Karena sekarang kita masih tergantung dengan impor. Nah ini yang kita siapkan. Untuk mempercepat ini, kita selalu membuka diri untuk kolaborasi dengan berbagai pihak,” pungkasnya.(OL-11)

 

Baca Juga

Ilustrasi

BMKG: Aktivitas Gempa Awal 2021 Meningkat Signifikan

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 20 Januari 2021, 17:31 WIB
"Tentu saja aktivitas gempa awal Januari 2021 ini tidak lazim, karena dalam 20 hari saja sudah terjadi aktivitas gempa dirasakan...
MI/Ramdani

Menhub: 36 Ahli Waris Sriwijaya Air SJ182 Sudah Dapat Santunan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 16:20 WIB
SEBANYAK 36 ahli waris korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah menerima santunan dari Jasa Raharja sebesar Rp50 juta untuk...
Antara/ Syifa Yulinas

Olah Sawit, LIPI Usulkan Pembangunan Kilang Green Fuel

👤Humaniora 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:55 WIB
Kebijakan dunia di bidang energi yang hanya megizinkan bahan bakar ramah lingkungan harus direspons cepat agar Indonesia tidak tertinggal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya