Kamis 30 Januari 2020, 20:54 WIB

Iklim Tropis Indonesia Bisa Bikin Virus Korona tak Aktif

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Iklim Tropis Indonesia Bisa Bikin Virus Korona tak Aktif

AFP/Marijan Murat
Peneliti sedang memeriksa sampel orang yang terinfeksi virus korona di Jerman

 

MESKI terdapat terduga terinfeksi virus korona baru (2019-nCOV) di Indonesia, Kementerian Kesehatan memastikan belum ada warga negara Indonesia yang terkonfirmasi terinfeksi virus koorna yang menyebar dari kota Wuhan, Tiongkok itu.

Ahli mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) R Fera Ibrahim mengungkapkan, iklim tropis bisa menjadi salah satu penyebab matinya virus.

“Pengaruh iklim tropis, sinar matahari membantu kita untuk inaktifasi virus,” kata Fera dalam semnar soal virus koorna di FKUI, Kamis (30/1)

Berdasarkan pengalaman beredarnya virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) beberapa tahun lalu, masyarakat Indonesia diketahui juga terbebas dari wabah tersebut.

“Alhamdulilah kita punya matahari sehingga kejadian waktu SARS dulu salah satu faktornya karena kita punya matahari,” pungkasnya.

Baca juga : Jokowi Instruksikan Segera Evakuasi WNI di Hubei

Dekan Fakultas Kedokteran UI sekaligus Spesialis Penyakit Dalam RSUPN Cipto Mangunkusumo, Ari Fahrial Syam menegaskan, sampai saat ini masih belum ada masyarakat Indonesia yang teridentifikasi terpapar virus korona baru (2019-nCOV)..

“Suspect ada, tapi sampai saat ini belum ada yang teridentifikasi. Ini yang musti kita camkan dulu pada masyarakat,” kata Ari.

Ari menilai, kondisi itu merupakan sebuah momentum bagi masyarakat untuk mulai menerapkan pola hidup sehat setiap hari agar tidak terkena penyakit, salah satunya virus korona.

"Cara batuk kita yang belum benar, kebiasan cuci tangan yang belum benar, kami juga sampaikan pada masyarakat ini kesempatan untuk kita berubah, menerapkan hidup yang sehat sehingga tidak ada penyakit yang datang pada kita,” tuturnya.

Sejumlah negara seperti Taiwan, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, hingga Australia telah melaporkan penemuan kasus virus korona di negaranya. Namun sampai saat ini, Indonesia diketahui masih bebas dari virus corona. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Pengawasan Ketat Ternak Impor dan Karantina Hewan Cegah Meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:44 WIB
“Titik-titik pemeriksaan, pengawasan dan karantina untuk sapi impor perlu menjadi fokus pemerintah supaya PMK tidak semakin...
DOK Kemenko PMK

Pemerintah Maksimalkan Perlindungan Bagi Anak dan Penyandang Disabilitas yang Terdampak Pandemi

👤Widhoroso 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:01 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, masa depan anak-anak Indonesia, termasuk mereka yang kehilangan orang tua pada masa Pandemi...
Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya