Minggu 05 Januari 2020, 06:30 WIB

Olahraga Tekan Risiko 7 Kanker

Haufan Hasyim Salengke | Humaniora
Olahraga Tekan Risiko 7 Kanker

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

STUDI terbaru para peneliti Amerika Serikat telah menemukan berolahraga waktu senggang dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk tujuh kanker.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology menunjukkan sejumlah aktivitas tertentu (7,5 hingga 15 jam setara metabolik per minggu) dikaitkan dengan risiko lebih rendah secara signifikan untuk tujuh dari 15 jenis kanker.

Ketujuh jenis kanker itu ialah kanker usus yang lebih rendah pada pria, kanker payudara, kanker endometrium, kanker ginjal, myeloma, kanker hati, dan limfoma nonhodgkin pada perempuan.

Pengurangan risiko itu dikatakan meningkat sejalan dengan lebih banyak olahraga yang dijalankan. Para peneliti dari National Cancer Institute, American Cancer Society, dan Harvard University mengumpulkan data dari sembilan kelompok prospektif dengan aktivitas fisik waktu luang dan tindak lanjut untuk kejadian kanker.

Temuan ini memberikan dukungan kuantitatif langsung untuk tingkat aktivitas yang direkomendasikan untuk pencegahan kanker dan bukti yang dapat ditindaklanjuti untuk upaya pencegahan kanker yang sedang berlangsung dan di masa depan. (Xinhua/Hym/X-6)

Baca Juga

Antara

Kemenkes Instruksikan RS Tambah Alokasi Ruang Covid-19 Hingga 40%

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 28 Januari 2021, 00:10 WIB
Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit di Indonesia sudah mencapai...
Dok. Pribadi

Sinergi Pentahelix Bangun SDM Unggul Indonesia  

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 27 Januari 2021, 23:52 WIB
“Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul yang kreatif dan inovatif, perguruan tinggi harus bergotong-royong, seperti...
Antara

Sepi Job Karena Covid-19, Aliansi Pekerja Seni Ngadu ke DPR

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Rabu 27 Januari 2021, 23:25 WIB
 Pekerja Seni Indonesia mengadu nasib kepada Komisi X DPR RI mengenai nasibnya kini yang terombang-ambing atas kebijakan pemerintah di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya