Kamis 05 Januari 2023, 04:15 WIB

Aktris Iran Taraneh Alidoosti Dibebaskan Setelah Dipenjara Tiga Pekan

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Aktris Iran Taraneh Alidoosti Dibebaskan Setelah Dipenjara Tiga Pekan

AFP/Gisoo Faghfoori / Sharghdaily
Aktris Iran Taraneh Alidoosti (memegang bunga) berpose dengan sahabat dan kerabatnya usai dibebaskan dari penjara.

 

AKTRIS Iran Taraneh Alidoosti, Rabu (4/1) waktu setempat,  dibebaskan dengan jaminan setelah sempat dipenjara selama hampir tiga pekan.

"Klien saya dibebaskan dengan jaminan pada hari ini", kata pengacara Zahra Minooee kepada kantor berita ISNA, Rabu (4/1).

Alidoosti ditangkap pada 17 Desember setelah membuat serangkaian unggahan di media sosial yang mendukung gerakan protes di negaranya, termasuk dukungan terhadap kebebasan tidak menggunakan jilbab dan mengutuk eksekusi para pengunjuk rasa.

Baca juga: Aktris Kenamaan Iran Ditangkap karena Dukung Aksi Demonstrasi

Iran telah dilanda protes sejak kematian Mahsa Amini dalam tahanan pada 16 September. Perempuan itu ditangkap karena diduga melanggar aturan berpakaian ketat di negara itu.

Pihak berwenang Iran mengatakan ratusan orang, termasuk anggota pasukan keamanan, telah tewas dan ribuan lainnya ditangkap dalam apa yang umumnya mereka gambarkan sebagai 'kerusuhan'.

Alidoosti memiliki reputasi internasional yang cukup besar. Aktris berusia 38 tahun itu tampil dalam film-film pemenang penghargaan karya sutradara Asghar Farhadi, termasuk film pemenang Piala Oscar, The Salesman (2016). Sejumlah selebritas dan kelompok HAM di luar negeri pun turut menyerukan agar dia dibebaskan.

Sementara itu, surat kabar reformis Shargh menerbitkan sejumlah foto di Telegram yang memperlihatkan Alidoosti. Foto tersebut kabarnya foto Alidoosti setelah dibebaskan dari penjara Evin di Teheran utara.

Alidoosti tampak tersenyum saat berbicara di ponsel sambil memegang karangan bunga, dikelilingi pendukungnya, menurut surat kabar tersebut. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Dok MNC Animation dan MNC Pictures

Film Kiko In the Deep Sea Siap Tayang 23 Februari 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:33 WIB
Dengan kehidupan ekosistem laut saat ini, kehadiran film Kiko In the Deep Sea dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak Indonesia untuk...
Instagram @christinehakimofficial

Akting Christine Hakim di The Last of Us Disebut Warganet Pantas Dapat Emmy

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 12:02 WIB
Para penikmat serial pun memuji aktingnya. Mereka menyebut ketakutan yang ditampilkan Christine Hakim begitu nyata namun tak...
DOK Pribadi.

GoPlay Creator's Playdate Pertemukan Kreator Konten Musik dengan Fans

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:20 WIB
Untuk datang ke acara ini, penonton bisa membeli tiketnya yang dimulai dari harga Rp45 ribu hingga Rp700 ribu melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya