Senin 01 Agustus 2022, 05:53 WIB

Pemeran Uhura di Serial Star Trek Tutup Usia

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Pemeran Uhura di Serial Star Trek Tutup Usia

AFP/Chris Delmas
Aktris Nichelle Nichols (kanan) bersama aktor William Shatner.

 

NICHELLE Nichols, aktris kulit hitam yang berperan sebagai Nyota Uhura di serial Star Trek keluaran 1960-an, meninggal dunia di usia 89 tahun.

Putra Nichols, Kyle Johnson, mengumumkan meninggalnya ibunya di laman daring resmi uhura.com dengan mengatakan, "Tadi malam, ibu saya, Nichelle Nichols, meninggal dunia karena penyebab alami. Cahayanya, sama seperti galaksi yang kini telah berhasil ditemukan, akan selalu tetap ada."

Juru bicara keluarga mengatakan Nichols meninggal dunia di Silver City, New Mexico, tempat dia tinggal bersama putranya.

Baca juga: Paul Wesley Berperan Jadi James T Kirk di Serial Star Trek

Penghormatan pun mengalir untuk Nichols, termasuk dari para Trekkies, penggemar Star Trek.

George Takei, yang berperan sebagai Sulu, rekan Uhura di USS Enterprise, menyebut Nichols sebagai pelopor yang tidak ada bandingnya. Adapun politisi Stacey Abrams menyebut aktris itu sebagai seorang 'juara, pejuang, dan aktris yang luar biasa'.

Nichols mencetak sejarah ketika terlibat dalam adegan ciuman interasial di televisi Amerika Serikat, pada 1968, ketika Uhura berciuman dengan Kapten Kirk, yang diperankan oleh William Shatner.

Nichols bahkan pernah menuai pujian dari Martin Luther King Jr karena pada saat itu aktor kulit hitam umumnya hanya berperan sebagai pembantu atau kriminal.

Nichols, yang mengawali kariernya sebagai balerina dan di drama musikal, sempat ingin meninggalkan Star Trek karena ingin kembali ke teater.

Namun, rencana itu batal setelah King, yang bertemu Nichols mengatakan, "Kamu tidak boleh melakukan itu. Apakah kamu tidak mengerti bahwa untuk pertama kalinya kita dipandang sejajar? Kamu tidak lagi menjadi karater kulit hitam. Kamu adalah karakter yang sejajar."

Nichols pun memutuskan bertahan di Star Trek.

Selain di serial Star Trek, Nichols juga melanjutkan perannya sebagai Uhura di enam film pertama Star Trek.

Nichols juga sempat diperkejakan oleh NASA sebagai tenaga rekrutmen setelah aktris itu menbgkritik NASA karena minimnya diversitas. Nichols sukses menyakinkan sejumlah laki-laki dan perempuan kulit hitam untuk bekerja untuk NASA. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Lagu "With You" Jadi OST Korea Tercepat yang Lampaui 120 Juta Streaming di Spotify 

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:07 WIB
'With You' berhasil mencapai rekor ini walaupun memiliki periode pelacakan yang jauh lebih pendek baik untuk hari...
MEDCOM.ID

Di Depan Sabrina, Haruka Nakagawa Tagih Janji Dinikahi oleh Deddy Corbuzier

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:03 WIB
Istri Deddy, Sabrina Chairunnisa, saat itu juga ada di studio dan dihadirkan langsung oleh Deddy untuk menjadi bukti bagi Haruka bahwa...
AFP/Kevin C. Cox/Getty Images

Snoop Dogg Luncurkan Brand Sereal Barunya, Snoop Loopz

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:57 WIB
Sereal ini adalah penawaran sarapan terbaru dari perusahaan Broadus, perusahaan yang bekerja di lini makanan dari hasil kerja sama Snoop...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya