Selasa 26 Juli 2022, 09:30 WIB

Muncul di Serial Drama Korea, Pohon Hackberry Berpeluang Dapat Status Monumen Nasional

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Muncul di Serial Drama Korea, Pohon Hackberry Berpeluang Dapat Status Monumen Nasional

Dok CHA
Poohn hackberry yang muncul di serial drama Korea Extraordinary Attorney Woo

 

OTORITAS warisan budaya di Korea Selatan, Senin (25/7), mengatakan pihaknya mempertimbangkan apakah akan memberikan status monumen nasional pada pohon hackberry berusia 500 tahun yang muncul dalam serial Netflix Extraordinary Attorney Woo.

Pohon hackberry Sodeok-dong, yang terletak di sebuah desa kecil dekat Kota Changwon atau berjarak sekitar 398 kilometer di bagian selatan Seoul, telah menarik perhatian publik setelah muncul dalam drama Extraordinary Attorney Woo.

Administrasi Warisan Budaya (CHA) Korea mengatakan mereka berencana melakukan penyelidikan di lokasi pohon untuk meninjau nilai budaya berdasarkan bentuk dan usia. Sebelumnya, pohon tersebut sudah ditetapkan sebagai pohon yang dilindungi pada 2015.

Baca juga: Park Eun-bin Tegaskan Berhati-Hati Perankan Karakter Disabilitas 

"Kami akan melakukan peninjauan nilai budaya pohon itu, termasuk sejarah dan status pertumbuhannya, dan mempertimbangkan apakah akan ditetapkan sebagai monumen alam," kata seorang pejabat CHA yang meminta tidak disebutkan namanya kepada Yonhap, dikutip Selasa (26/7).

Menurut badan tersebut, keputusan akan dibuat paling cepat dalam dua hingga tiga bulan ke depan. 

Pohon hackberry itu diperkirakan berusia sekitar 500 tahun dengan tinggi 16 meter, kedalaman 6,8 meter, dan lebar tajuk 27 meter.

Saat ini, terdapat dua pohon hackberry yang sudah ditetapkan sebagai monumen alam di Korea Selatan, yaitu pohon hackberry Hwangmokgeun di Yecheon dan hackberry Sudong-ri di Gochang.

Serial Extraordinary Attorney Woo berkisah tentang seorang pengacara bernama Woo Young-woo, yang brilian dan memiliki ingatan yang luar biasa tetapi tidak memiliki keterampilan sosial dan empati karena memiliki spektrum autisme.

Sebagai pengacara pemula di sebuah firma hukum, Woo berusaha memenangkan berbagai kasus. 

Dalam sebuah episode, Woo memenangkan kasus dengan melawan pengembang dan melindungi pohon hackberry di Sodeok-dong untuk ditetapkan sebagai monumen alam. (Ant/OL-1)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

MI/HO

Gandeng Valentina Ploy, Wrabel Rilis Ulang Hurts Like Hell

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 08:30 WIB
Wrabel pertama kali memulai debutnya dengan Hurts Like Hell pada 2020 dengan penampilan yang menggugah di NBC...
Antara

Dira Sugandi Tetap Gugup Menyanyi di Depan Presiden

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 08:16 WIB
Meski bukan pertama kalinya diundang ke istana untuk bernyanyi dalam upacara 17 Agustus, rupanya Dira Sugandi tetap merasa gugup ketika...
MI/HO

Rosie Darling Rilis EP Golden Age

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 08:15 WIB
EP terbaru Darling, Golden Age mengangkat tema tentang kesepian dan isolasi yang dirasakannya di usia 20-an di tengah dunia yang kini serba...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya