Kamis 10 Maret 2022, 07:01 WIB

Monica Wijaya Pembuat Gim Viral Shopee yang Mendunia

Mediaindonesia.com | Hiburan
Monica Wijaya Pembuat Gim Viral Shopee yang Mendunia

DOK Pribadi.
Monica Wijaya.

 

INTERNATIONAL Women's Day atau Hari Perempuan Internasional 2022 yang diperingati setiap 8 Maret mengambil tema #Breakthebias. Pesan tema kampanye kali ini merupakan simbol untuk mendobrak bias, stereotipe, ketidaksetaraan, dan diskriminasi yang dialami oleh kaum perempuan. Salah satu upaya menghapus ketidaksetaraan dan diskriminasi itu yaitu berkarya dalam dunia yang tadinya didominasi oleh para lelaki, di antaranya industri teknologi. 

Monica Wijaya merupakan salah seorang perempuan yang berhasil mendobrak stereotipe bahwa industri pengembangan gim hanya bisa digeluti oleh kaum Adam. Ibu anak satu ini menjadi salah satu aktor yang berperan dalam pembuatan puluhan fitur gim dan marketing di e-commerce ternama di Asia Tenggara, Shopee. Salah satu gim yang sempat menjadi viral yakni Shopee Bubble yang ternyata merupakan gim besutan anak bangsa. Saat ini, gim tersebut sudah dimainkan oleh ratusan pelanggan Shopee di Asia Tenggara, Taiwan, hingga Brasil.

Bermain gim dari gawai memang merupakan salah satu cara untuk mengurangi kejenuhan bagi masyarakat di era digital. Apalagi jika dengan bermain gim kita juga dapat sekaligus memenangkan voucer maupun hadiah berupa koin yang dapat digunakan untuk belanja online. Fitur Shopee Games merupakan inovasi yang ditujukan bagi bara pelanggan Shopee untuk meningkatkan kepuasan dan kesenangan dalam berbelanja.

Monica sejak dulu sudah hobi bermain gim. Salah satu gim yang gemar dia mainkan yaitu Candy Crush, permainan populer sejak satu dekade lalu. Berkarier sebagai product manager dalam Shopee, agaknya Monica mematahkan stereotipe bahwa industri game developer hanya milik kaum Adam. Kesenangannya dalam bermain gim menjadi salah satu penyokong karier Monica. "Bekerja di Shopee merupakan pengalaman saya yang paling menarik, karena saya bisa mengawinkan hobi saya bermain gim dengan skill analitik yang saya dapatkan saat di bangku kuliah. Ini memberikan impact yang cukup besar di dunia e-commerce khususnya para pelanggan Shopee," ujar Monica.

Wanita yang mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia Jurusan Teknologi Bioproses Departemen Teknik Kimia itu sudah empat tahun meniti karier di Shopee Indonesia. Monica Wijaya beserta timnya hingga saat ini sudah menghasilkan lebih dari 10 produk gim. Beberapa permainan seperti Shopee Bubble dan Tebak Kata berhasil menjadi teman dari para pengguna aplikasi Shopee di waktu senggang. Dara yang juga sempat aktif dalam organisasi mahasiswa internasional itu memainkan berbagai macam gim sebagai bahan riset. Nanti hasil riset tersebut menjadi rujukan untuk produk permainan virtual yang akan dikembangkan oleh Monica dan engineering Shopee Indonesia.

Namun, pekerjaan yang dilandasi hobi bukan berarti tanpa tantangan. Setidaknya itulah yang dirasakan Monica selama menjalani pekerjaannya. "Bermain gim untuk bersenang-senang tentu berbeda dengan bermain untuk keperluan riset. Mengembangkan gim berarti mau tidak mau saya harus belajar dan belajar untuk membuat keputusan yang akurat sebanyak mungkin," kata Monica.

Tantangan lain yang dirasakan oleh Monica yaitu saat harus memacu tim yang terdiri dari engineer, desainer, dan marketing untuk memenuhi tenggat waktu dengan fitur gim dan marketing yang menyenangkan untuk dimainkan. Melalui hasil riset yang sudah diolah dikerucutkan menjadi sebuah konsep games yang disukai oleh masyarakat. Konsep tersebut dituangkan ke dalam bentuk prototipe untuk uji coba.

Baca juga: Jadi Aktris, Hyeyeon Ganti Nama Panggung

Monica juga bekerja sama dengan tim pemasaran untuk peluncuran gim yang dikembangkannya. Salah satu kisah sukses Monica ketika membuat gim Tebak Kata yang kini dimainkan oleh orang-orang di berbagai negara. Melihat orang-orang di berbagai belahan dunia membagikan karyanya menjadi suatu kepuasan tersendiri bagi Srikandi berusia 32 tahun ini.

Capaian hasil kerja keras Monica Wijaya tentu menjadi motivasi tersendiri bagi para talenta digital perempuan yang juga ingin meniti karier di dunia teknologi. Secara umum, ia berharap talenta digital di Tanah Air terus menimba ilmu secara berkesinambungan dan mengasah kemampuannya dengan lebih baik. Monica optimistis potensi sumber daya digital Indonesia di masa depan akan terus tumbuh berkualitas. Apalagi, Sea Group selaku induk Shopee telah meluncurkan Sea Labs Indonesia yang bertujuan mengembangkan keahlian dari talenta digital lokal untuk dapat bersaing di ranah global. (RO/OL-14)

Baca Juga

Antara

Gibran Berikan Keris Asli Solo untuk Personel Dream Theater

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:18 WIB
Keris diberikan Wali Kota Solo kepada personel Dream Teather, sebagai bentuk kenang-kenangan karena sudah melakukan konser musik di...
Dok Instagram/INDRALESMANA

Sedianya Besok, Konser Indra Lesmana Diundur Hingga 27 Agustus 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:24 WIB
Musisi Indra Lesmana akan melaksanakan konser tunggal pertama dan terakhir untuk Indonesia pada 27 Agustus 2022 di Jakarta International...
Dok Lancome

Raisa Dijawalkan Konser Tunggal di GBK pada Februari 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:43 WIB
Penyanyi Raisa Andriana akan menggelar konser tunggal di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Februari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya