Selasa 08 Juni 2021, 17:45 WIB

Inilah Mengapa Penghargaan di Bidang Musik itu Penting

Mediaindonesia.com | Hiburan
Inilah Mengapa Penghargaan di Bidang Musik itu Penting

billboard.com
Ilustrasi

 

Kehadiran acara penghargaan kian ramai hadir memeriahkan dunia seni dan pertunjukan, tak terkecuali sederet acara penghargaan musik.

Namun, timbul pertanyaan apakah penghargaan atau awards memiliki pengaruh tersendiri bagi perkembangan musisi yang menerimanya, mengingat tak sedikit pula penghargaan yang didasarkan pemilihan penggemar -- dimana besarnya kelompok penggemar (fanbase) juga sangat berpengaruh.
 
"Award punya pengaruh di industri musik. Award ini memvalidasi kesuksesan musik tersebut dari karya musisi atau idola yang didukung oleh fans," kata General Manager Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) Braniko Indhyar dalamVirtual Press Conference JOOX Indonesia Music Award 2021 (JIMA), Senin (7/6).

Pria yang akrab disapa Niko itu kemudian memberikan contoh grup idola K-pop BTS -- yang berhasil mencuri perhatian dunia hingga masuk ke dalam nominasi penghargaan musik internasional Grammy Awards. Menurut dia, kontribusi penggemar yang tinggi mempengaruhi popularitas hingga mendapatkan penghargaan.

"BTS misalnya, yang berhasil masuk nominasi di Grammy, itu sesuatu banget untuk para fans. Fans punya peranan penting di industri musik, dan ini bisa dicontoh. Apalagi di saat pandemi seperti ini, fans ingin berkontribusi lebih untuk mendukung idolanya. Kalau fans-nya banyak, musisi tentu akan semakin termotivasi berkarya," ujar Niko.

Ketika disinggung mengenai penghargaan yang didasarkan dukungan penggemar (fans' choice), Niko berpendapat hal tersebut tidak mempengaruhi "kualitas" musik, dan daya saing di industri musik pun tetap akan ada. "Karena yang memilih adalah fans, jadi ini adalah dari kekuatan fans. Soal kualitas, selera orang beda-beda. Dan daya saing akan tetap ada, karena awards adalah trigger musisi untuk terus berkarya," kata dia.

Lebih lanjut, Niko membagi sejumlah kiat bagi para musisi baru untuk membuat fanbase yang loyal. Pertama adalah jangan putus asa, namun harus terus aktif dan konsisten dalam berkarya dan menjangkau penggemar. "Musisi bisa membuat konten dan karya baru untuk mendapatkan fans, karena fans melihat keaktifan mereka. Musisi itu harus aktif, konsisten dan totalitas dalam berkarya serta manfaatkan sosial media dengan baik untuk berinteraksi dengan pendengar," kata Niko.

"Kalau musisinya bisa menjalin komunikasi yang baik dengan fans, pasti fans-nya juga akan loyal. Musisi bisa memanfaatkan platform streaming musik yang memungkinkan para musisi untuk lebih dekat dengan para penggemar dan lebih mudah memperkenalkan karyanya kepada audiens yang semakin luas melalui fitur-fitur interaktif yang ada," pungkasnya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Instagram @bclsinclair

Positif Covid-19, BCL Lakukan Isolasi Mandiri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 15 Juni 2021, 09:08 WIB
BCL kemudian mengimbau semua pihak untuk menjalankan protokol kesehatan demi terhindar dari...
MI/Dok HBO

Episode Spesial I'll Be Gone In The Dark akan Tayang pada 22 Juni

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 15 Juni 2021, 07:04 WIB
Episode spesial ini menandai satu tahun sejak pengakuan bersalah dari sosok Golden State Killer, yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup...
AFP/Tolga AKMEN

Clarke Beri Jawaban Soal Gelas Starbuck di Game of Thrones

👤Henry Hokianto 🕔Selasa 15 Juni 2021, 06:44 WIB
Weiss merupakan salah satu produser eksekutif yang memenangkan penghargaan dari HBO bersama David...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pengelola Nakal di Hunian Vertikal

TREN masyarakat tinggal di hunian vertikal terus meningkat dalam lima tahun belakangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya