Selasa 20 Oktober 2020, 20:00 WIB

Inilah Genre Musik yang Akan Digemari di Indonesia Tahun 2021

Retno Hemawati | Hiburan
Inilah Genre Musik yang Akan Digemari di Indonesia Tahun 2021

MI/Retno Hemawati
Tangkapan layar Joox

 

Pemerhati musik Wendi Putranto memprediksi tahun depan, musisi dangdut, indie, dan K-Pop akan mendapatkan perhatian dari penggemar musik.

"Di ketiga genre ini, akan tumbuh talenta baru yang berbakat," kata dia," dalam jumpa pers "Parade Joox Lima", Selasa (20/10).

Dia merunut, dalam lima tahun belakangan ini, industri musik Indonesia meriah sekali. Banyak musisi baru muncul, genre dan jenis musik semakin beragam, katalog lagu Indonesia semakin luas, dengan akses musik makin mudah.

Layanan musik streaming Joox yang telah memasuki tahun kelima, kini memiliki 30 juta koleksi lagu. Kondisi ini bagus tidak hanya untuk penggemar musik yangg mana bisa karaoke sambil rebahan. "Itu nggak kepikiran lima tahun lalu, live streaming konser musik, perkembangan ini memudahkan hidup manusia," kata pemerhati musik Wendi.

Dia mengatakan layanan musik streaming juga memudahkan bagi musisi. "Dulu dulu harus sign dengan label, kemudian bisa tampil di tv radio, kini semuanya serba simple, kita punya lagu terhubung dengan agregator, nanti akan efek bola salju, kalau dsukai maka dapat tampil di chart atau livestreaming. Dulu hanya terbatas, kini jangkauannya lebih luas, bisa regional Asia, bahkan bisa internasional."

Musisi Indonesia juga mulai naik daun dan mendominasi pasar. Masyarakat mulai menggandrungi musik lokal, apalagi jika ada campuran musik-musik tradisional.

Era digitalisasi industri musik yang dinamis seperti sekarang ini membuka banyak peluang bagi musisi dan memperluas preferensi musik pendengar.

Wendi juga memprediksi, tahun depan, musisi dangdut, indie, dan K-Pop akan mendapatkan perhatian dari penggemar musik. "Di ketiga genre ini, akan tumbuh talenta baru yang berbakat," kata dia. (OL-12)

 

Baca Juga

Ist

Kolaborasi 3 Musisi Garap Lagu C.H.R.I.S.Y.E

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Januari 2021, 00:33 WIB
Proyek eksperimental yang digagas Suara Disko ini melibatkan nama-nama musisi seperti Laleilmanino, Diskoria, hingga Eva...
MI/PANCA SYURKANI

Sheryl Sheinafia: Rilis Album Ketiga Jennovine

👤Media Indonesia 🕔Minggu 17 Januari 2021, 00:25 WIB
PENYANYI Sheryl Sheinafia, 24, resmi melepas album ketiganya berjudul...
AFP/JUNG YEON-JE

Bong Joon-ho: Pimpin Juri di Festival Film Venice

👤Media Indonesia 🕔Minggu 17 Januari 2021, 00:20 WIB
SUTRADARA Parasite, Bong Joon-ho, 51, akan memimpin juri utama di Festival Film Venesia ke-78 pada September...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya