Rabu 07 Juni 2023, 12:39 WIB

Tekan Pemanasan Global, Investasi Efisiensi Energi Harus Naik Tiga Kali Lipat

Wisnu Arto Subari | Ekonomi
Tekan Pemanasan Global, Investasi Efisiensi Energi Harus Naik Tiga Kali Lipat

AFP/Nicolas Maeterlinck.
Pembangkit listrik tenaga nuklir Doel dari pelabuhan Antwerp di Antwerp, Belgia, pada 8 April 2023.

 

INVESTASI dalam meningkatkan efisiensi energi harus tiga kali lipat pada dekade ini jika dunia ingin mempertahankan tujuan membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius (2,7 Fahrenheit) dalam jangkauan. Ini disampaikan International Energy Agency (IEA), Rabu (7/6).

Investasi tersebut akan memungkinkan penggandaan keuntungan tahunan dalam efisiensi energi menjadi 4%. Ini mengakibatkan penurunan permintaan energi dan konsumsi bahan bakar yang akan menguntungkan konsumen dan memberikan keamanan energi yang lebih besar bagi negara-negara.

Keuntungan efisiensi akan, "Menghasilkan pengurangan penting dalam emisi gas rumah kaca dan pada saat yang sama menciptakan lapangan kerja, memperluas akses energi, mengurangi tagihan energi, mengurangi polusi udara, dan mengurangi ketergantungan negara pada impor bahan bakar fosil--di antara manfaat sosial dan ekonomi lain," kata Badan Energi Internasional dalam suatu laporan.

Baca juga: Ekspor Tiongkok Turun ke 7,5% pada Mei

IEA, yang memberi nasihat kepada negara-negara tentang kebijakan, Rabu, menjadi tuan rumah konferensi efisiensi energi yang mempertemukan para pejabat dan bisnis dari lebih dari 80 negara di luar Paris. Badan tersebut mencatat bahwa jika kebijakan pemerintah tentang efisiensi energi dipercepat dan diterapkan sepenuhnya, itu akan mencakup sekitar tiga perempat dari upaya yang diperlukan untuk melipatgandakan peningkatan efisiensi tahunan.

Investasi efisiensi energi diharapkan mencapai tingkat rekor tahun ini lebih dari US$600 miliar. IEA mencatat bahwa pertumbuhan melambat karena suku bunga yang lebih tinggi. Dengan tingkat tersebut, investasi harus mencapai US$1,8 triliun pada 2030.

Baca juga: Perekrutan Tenaga Kerja Amerika Serikat Melejit pada Mei

"Sering kali pemerintah tidak memberikan (efisiensi energi) sebanyak yang kami pikir seharusnya," kata kepala divisi efisiensi energi IEA, Brian Motherway, kepada AFP pekan lalu. Meskipun peningkatan upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi energi terbarukan ialah hal yang positif, "Kami berpikir bahwa kita memerlukan lebih banyak fokus pada cara menggunakannya," kata Motherway. (AFP/Z-2)

Baca Juga

Dok.Ist

Pengembangan Biomassa Jadi Ceruk Ekonomi Baru Bagi Masyarakat

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 30 September 2023, 08:15 WIB
PLN EPI mengajak kelompok perempuan eks-GAM di Aceh untuk mengelola lahan kritis menjadi lahan...
Dok.Ist

PetroChina Jabung Raih Penghargaan Subroto 2023 Bidang PNBP Kegiatan Usaha Hulu Migas

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 30 September 2023, 08:05 WIB
Penghargaan diserahkan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto kepada Qian Mingyang selaku Presiden Direktur PetroChina International Jabung...
Dok. ISSF

ISSF dan Kemendesa-PDTT Kembali Gelar CSR & PDB Awards, Jumlah Peserta Bertambah

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 30 September 2023, 04:11 WIB
Perusahaan atau organisasi lainnya yang akan ikut dalam ajang ini  harus mencapai nilai minimumnya 90 atau 5 poin lebih tinggi dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya