Kamis 26 Januari 2023, 18:10 WIB

Rupiah Menguat Cermati Langkah The Fed dan Bank Indonesia

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Rupiah Menguat Cermati Langkah The Fed dan Bank Indonesia

Antara/Muhammad Adimaja.
Petugas menunjukan uang pecahan rupiah dan dolar AS di gerai penukaran mata uang asing VIP (Valuta Inti Prima) Money Changer, Jakarta.

 

NILAI tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (26/1) sore menguat seiring pelaku pasar mencermati arah kebijakan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (Fed). Rupiah ditutup menguat 18 poin atau 0,12% ke posisi 14.948 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 14.965 per dolar AS.

"Pelaku pasar masih mencermati arah kebijakan suku bunga The Fed dan kekhawatiran resesi global," kata Analis Bank Woori Saudara Rully Nova saat dihubungi di Jakarta, Kamis (26/1). Rully mengatakan The Fed diperkirakan menaikkan suku bunga 25 basis poin (bps) pada Februari 2023. Namun penaikannya dinilai masih kurang agresif dibanding dengan rencana kenaikan bunga oleh Bank Sentral Eropa (ECB).

Untuk faktor internal pelaku pasar masih mencermati implementasi dari kebijakan devisa hasil ekspor yang dirilis Bank Indonesia (BI). Bank Indonesia menerbitkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 24/18/PBI/2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 21/14/PBI/2019 tentang Devisa Hasil Ekspor dan Devisa Pembayaran Impor (DHE dan DPI). 

Penerbitan aturan baru tersebut dilatarbelakangi dengan pertimbangan untuk mendukung implementasi kebijakan moneter BI dalam memperkuat kestabilan nilai tukar rupiah melalui penguatan pengaturan DHE guna memastikan DHE, khususnya dari komoditas sumber daya alam (SDA), dapat ditempatkan dalam pasar keuangan domestik secara berkesinambungan. Selain itu pemerintah sedang membahas rencana untuk mewajibkan eksportir menyimpan DHE di dalam negara selama tiga bulan. 

Pemerintah sedang merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Devisa Hasil Ekspor (DHE) dari Kegiatan Pengusahaan, Pengelolaan, dan/atau Pengolahan Sumber Daya Alam. Aturan jangka waktu penyimpanan DHE tersebut dikabarkan akan tertuang dalam revisi terbaru PP terkait DHE. Bank Indonesia juga akan mengeluarkan Peraturan BI (PBI) terkait insentif penyimpanan DHE di industri dalam negeri.

Di samping itu, Rully mengatakan hasil investasi Indonesia yang positif memberikan dorongan pada pergerakan rupiah dalam jangka menengah dan panjang. Realisasi investasi di Indonesia sepanjang 2022 mencapai Rp1.207,2 triliun, yang melampaui target Rp1.200 triliun yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan total penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.305.001 juta orang. Dengan demikian capaian realisasi investasi sepanjang Januari-Desember 2022 mencapai 100,6% dari target serta tumbuh 34% dibandingkan 2021 sebesar Rp901,02 triliun. 

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi 14.973 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran 14.941 per dolar AS hingga 14.986 per dolar AS. Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia pada Kamis tergelincir ke posisi 14.964 per dolar AS dibandingkan posisi sebelumnya 14.958 per dolar AS pada Rabu (25/1). (Ant/OL-14)

Baca Juga

Ist/Bea Cukai

Bea Cukai Kudus Gagalkan Peredaran Ratusan Ribu Rokok Ilegal Lewat Jasa Ekspedisi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:07 WIB
Bea Cukai Kudus kembali berhasil menggagalkan peredaran rokok ilegal dengan berbagai macam...
Ist/Bea Cukai

Bea Cukai dan Polres Metro Tangerang Kota Ungkap Penyelundupan Sabu dalam Kancing Gaun

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:01 WIB
Bea Cukai dan Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota ungkap penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak 317,59 gram jaringan...
Ist/Kementan

Jawa Barat Mulai Panen Raya, Pasokan Beras Melimpah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:50 WIB
Daerah Jawa Barat sebagai penyangga pangan Ibu Kota DKI Jakarta dan penyuplai pasokan beras nasional yang mulai memasuki masa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya