Kamis 26 Januari 2023, 12:59 WIB

Erick Thohir: 4.000 UMKM Sudah Bergabung dalam PaDi BUMN

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Erick Thohir: 4.000 UMKM Sudah Bergabung dalam PaDi BUMN

Ist
Menteri BUMN Erick Thohir.

 

MENTERI BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa sampai saat ini, sebanyak 4.000 pelaku UMKM sudah masuk dalam program pasar digital atau PaDi BUMN.

Dalam program ini, pelaku UMKM dapat menjual beragam produk dan jasa kepada 92 perusahaan dan anak perusahaan BUMN.

"Pasar digital atau PaDi BUMN saat ini sudah ada sebanyak 4 ribu UMKM bergabung dalam program PaDi. Sebanyak 92 perusahaan dan anak perusahaan BUMN telah mencapai nilai yang sangat besar Rp24,4 triliun sepanjang 2022. Tahun ini ditargetkan Insyaallah mencapai Rp50 triliun," ungkapnya dalam acara BRI Microfinance Outlook 2023, Kamis (26/1).

Menurut Erick, transformasi program BUMN dan UMKM seperti PaDi ini tidak hanya membantu penyerapan produk dan servis langsung dari UMKM, tapi juga meruntuhkan stigma bahwa BUMN selama ini tidak menyentuh rakyat.

"Hal ini juga sekaligus mencetak progres Indonesia yang berdaulat," ucapnya.

Baca juga: Investasi di Sektor UMKM Tembus Rp318 Triliun di 2022

Selain PaDi BUMN, dia juga mengapresiasi upaya BRI untuk mendorong pelaku UMKM khususnya ultra mikro bertahan di tengah ketidakpastian. Hal ini juga lahir dari terciptanya Holding Ultra Mikro yang terdiri dari BRI, Pegadaian dan PNM.

"BRI telah berhasil mengintegrasikan 34 juta nasabah dari target 50 juta nasabah melalui Holding Ultra Mikro. Total nasabah tersebut terdiri dari 14 juta nasabah mikro BRI, 6,8 juta nasabah mikro Pegadaian, serta 13 juta nasabah PNM Mekaar," kata Erick.

PNM Mekaar sendiri dikatakan sudah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp56,79 triliun pada 2022. Secara khusus, PNM juga telah meningkatkan kemampuan berusaha bagi perempuan Indonesia.

Erick menekankan bahwa sudah menjadi tugas bagi pemerintah untuk mendorong UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia dapat naik kelas.

"Kita harus pastikan program inklusif yang dapat mendorong UMKM naik kelas dapat berjalan secara berkelanjutan. Sebab UMKM sebagai tulang punggung perekonomian rakyat juga dapat kita atasi berbagai persoalan hingga memastikan masa depan Indonesia yang berdaulat," pungkasnya. (Des/OL-09)

Baca Juga

MI/USMAN ISKANDAR

Kondisi Politik akan Menentukan Geliat Ekonomi

👤Ficky Ramadhan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:38 WIB
Para pengusaha ataupun investor juga akan melihat dari track record calon Presiden tersebut untuk menjadi pertimbangan bagi para investor...
ANTARA

Kepemimpinan Kuat Erick Thohir Sedot Investor Besar Dari Luar Negeri

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:23 WIB
BUAH kepemimpinan Erick Thohir tiga tahun menahkodai Kementerian BUMN menuai banyak hasil gemilang. Berkat kebijakan Erick Thohir, sejumlah...
Dok. Pribadi

Harga Freight Turun, Hiro Handelaar Indonesia: Kabar Baik Untuk Expor Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 17:58 WIB
"Kami bersyukur dampak ini baik untuk semua pihak. Pesanan untuk barang-barang di pabrik akan kembali naik. Para importir dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya