Kamis 19 Januari 2023, 19:48 WIB

Pertamina Pastikan Uji Coba Pembelian LPG 3 Kg dengan KTP Berjalan Lancar

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pertamina Pastikan Uji Coba Pembelian LPG 3 Kg dengan KTP Berjalan Lancar

Antara
Karyawan membongkar muat tabung LPG 3 kg di sebuah agen.

 

PERTAMINA Patra Niaga menyatakan bahwa uji coba pembelian gas elpiji 3 kilogram (kg) dengan menunjukkan kartu identitas berupa KTP di lima kecamatan dari empat daerah berjalan lancar.

Adapun lokasi uji coba berada di pangkalan resmi Pertamina, yakni tersebar di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Lalu, di Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten; Kecamatan Ngaliyan di Kota Semarang, Jawa Tengah. Berikut, Kecamatan Batu Ampar di Kota Batam, Kepulauan Riau; serta Kecamatan Mataram di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Sejauh ini prosesnya lancar. Mereka hanya menunjukkan fotokopi KTP atau Kartu Keluarga (KK)," ungkap Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, Kamis (19/1).

Lebih lanjut, dia menjelaskan terdapat kendala minim dalam uji coba tersebut. Seperti, data pelanggan yang belum terdaftar di sistem, sehingga memerlukan waktu saat pendataan.

Baca juga: Apindo Dukung Uji Coba Pembelian Elpiji 3 Kg dengan KTP

Syarat pembelian gas elpiji melon ialah konsumen sudah terdaftar di database Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Nantinya, data itu dimasukkan ke dalam situs Subsidi Tepat milik Pertamina, agar penyaluran tepat sasaran bagi rakyat miskin.

"Kendalanya seperti ada yang belum terdaftar dalam sistem. Jadi, memerlukan waktu untuk memasukkan data pribadi dan langsung dapat membeli LPG 3 kg," imbuhnya.

Untuk berapa lama pelaksanaan uji coba, Irto menyebut Pertamina masih membahas bersama regulator, yakni Kementerian ESDM. Termasuk, rencana perluasan daerah dalam menerapkan pembelian elipiji 3 kg dengan KTP.

Baca juga: Pemerintah Optimistis Penyaluran Penjualan Elpiji Pakai KTP akan Tepat Sasaran

"Sejauh ini masih di empat daerah. Nanti kami koordinasikan dengan regulator untuk ketentuan lainnya," jelas Irto.

Dihubungi terpisah, Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Eko Kristiawan juga memastikan tidak ada kendala signifikan dalam pelaksanaan uji coba tersebut di wilayah Banten.

Di regional Jawa bagian barat (JBB), uji coba pembelian gas elpiji melon berlangsung di Kecamatan Cipondoh dan Kecamatan Ciputat. Pihaknya masih mendata berapa jumlah pelanggan yang sudah mengikuti kebijakan baru tersebut.

"Di Cipondoh itu satu pangkalan saja tempat uji cobanya. Per hari, rata-rata konsumennya di kisaran 85-100 orang," kata Eko.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Peluang Menguntungkan dari Usaha Kafe Kopi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 22:59 WIB
Dengan kualitas tinggi biji kopi pilihan dan banyaknya kreasi pilihan dengan berbagai rasa tanpa batas Foresthree Coffee kini sudah...
Istock

Menko Airlangga dan Menteri Ekspor Inggris Bahas Ekonomi Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 22:45 WIB
Menko Airlangga Hartarto dan Menteri Ekspor Kerajaan Inggris Andrew Bowie MP menggelar pertemuan membahas penguatan ekonomi...
Dok. MI

Hingga Akhir 2022, OJK Sudah Terima 315 Ribu Pengaduan

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 02 Februari 2023, 22:37 WIB
Dari pengaduan tersebut, sebanyak 7.252 atau 49% merupakan pengaduan sektor Industri Keuangan Non Bank (IKNB). OJK juga telah memantau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya