Rabu 18 Januari 2023, 17:40 WIB

Bapanas Minta Bulog Segera Lepas Cadangan Beras Ke Pasar

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Bapanas Minta Bulog Segera Lepas Cadangan Beras Ke Pasar

Antara
Pekerja mengangkut karung berisi beras di gudang milik Perum Bulog.

 

BADAN Pangan Nasional (Bapanas) meminta Perum Bulog untuk segera menggelontorkan cadangan beras pemerintah (CBP) ke pasar. Langkah itu bertujuan menstabilkan pasokan dan harga beras yang melonjak. 

Menurut Bapanas, penyaluran yang masif harus dilakukan untuk meredam kenaikan harga beras. "Ini saatnya kita gelontorkan beras Bulog untuk stabilisasi pasokan dan harga," ujar Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi saat dihubungi, Rabu (18/1).

"Lepas beras DN (dalam negeri) dan LN (luar negeri atau impor) yang sudah masuk. Operasi pasar lakukan secara masif," imbuhnya.

Baca juga: Pasar Jaya Bakal Lelang Beras Sisa Di Gudang Pulo Gadung

Berdasarkan data yang dimiliki Bapanas, produksi beras pada Januari 2023 diperkirakan mencapai 1,31 juta ton. Namun, konsumsi beras masyarakat di Tanah Air mencapai 2,51 juta ton.

"Untuk Januari (2023), kebutuhan (beras) 2,5 juta ton, panen sekitar 1,3 juta ton. Walaupun sebenarnya ada carry forward dari tahun sebelumnya sekitar 1,7 juta ton, tapi sekali lagi, harus dilakukan operasi pasar yang masif sampai panen raya," pungkas Arief.

Sebelumnya, Bulog memastikan sudah menggelontorkan 92 ribu ton CBP ke pasar melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). Bahkan, penyaluran CBP dapat menyentuh angka 100 ribu ton pada hari ini.(OL-11)
 

 

Baca Juga

DOK pribadi.

Perempuan dari Indonesia Timur Peroleh Pelatihan 10 Keterampilan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 16:39 WIB
Pelatihan itu bertujuan agar perempuan mampu berpikir analitik, aktif, inovatif, kreatif, penuh inisiatif, menguasai teknologi digital,...
Antara

Presiden: Realisasi Investasi Lampaui Target

👤Andhika prasetyo 🕔Rabu 01 Februari 2023, 16:34 WIB
realisasi investasi Indonesia pada mencapai Rp1.207 triliun. Angka tersebut melebihi target yang ditetapkan yaitu sebesar Rp1.200...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Presiden: Konsistensi Hilirisasi Jadi Kunci Menuju Negara Maju

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 01 Februari 2023, 16:24 WIB
Joko Widodo menegaskan bahwa konsistensi penguatan industri hilir merupakan kunci bagi Indonesia untuk melompat dari negara berkembang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya