Rabu 18 Januari 2023, 06:00 WIB

Kementan dan Paskomnas Genjot Pengembangan Agribisnis Petani Milenial

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kementan dan Paskomnas Genjot Pengembangan Agribisnis Petani Milenial

dok.kementan
Direktur Setya Budhi Udrayana, Dirut Paskomnas, Hartono W dan Project Manager PPIU Jatim, Acep Hariri bersama petani milenial Jatim.

 

KERJASAMA Kementerian Pertanian RI melalui Polbangtan Malang dengan Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) melalui jaringan Pasar Induk, bertujuan menggenjot potensi dan kemampuan petani milenial mengembangkan agribisnis di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Kerjasama tersebut juga bertujuan memberikan pendampingan kepada petani milenial di Jatim, agar mau dan mampu melaksanakan usaha tani secara profesional dan korporatif.

Komitmen tersebut termaktub dalam Nota Kerjasama yang ditandatangani oleh Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana dan Direktur Utama Paskomnas, Hartono Wignjopranoto disaksikan oleh Wakil Direktur I Novita Dewi Kristanto dan Project Manager Program YESS PPIU Jatim, Acep Hariri di Malang pada Senin (16/1).

Kemitraan tersebut merupakan upaya Polbangtan Malang selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jawa Timur pada Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) terus mendorong regenerasi petani melalui fasilitasi dan bimbingan bagi generasi muda menjadi wirausahawan atau tenaga kerja profesional di sektor pertanian.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menaruh harapan tinggi pada generasi penerus bangsa termasuk generasi Z atau gen Z, yang saat ini berada di rana perkuliahan dan sekolah. Generasi ini kelak sangat berpengaruh besar bagi pembangunan pertanian.

"Generasi Z juga harus bisa mengikuti perkembangan dari zaman, harus berani menjadi petani yang modern atau mendirikan start-up pertanian,” katanya.

Hal senada dikemukakan Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa di tangan milenial dan generasi Z pembangunan pertanian dijalankan.

“Kalian semua adalah motor penggerak pertanian di negara yang kita cintai ini, terlepas dari generasi pendahulu kalian yang saat ini sudah menjadi penggerak dan pelopor pembangunan pertanian,” kat Dedi dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023).

Dedi Nursyamsi menambahkan, petani milenial merupakan pilar utama pembangunan pertanian yang berkelanjutan dan modern. Pangan merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap manusia di muka bumi selama hayat dikandung badan.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana mengatakan bahwa perlu adanya pendampingan kepada petani milenial untuk dapat mengembangkan sistem agribisnis melalui fasilitasi, informasi tentang peluang pasok dan jaminan keamanan pasar.

Direktur Utama Paskomnas Hartono Wignjopranoto mengatakan pihaknya akan mendukung petani milenial mengembangkan sistem agribisnis dari hulu ke hilir, dengan membentuk kluster di tiap wilayah.

"Pengembangan kluster agar dapat menghasilkan komoditas yang diminati pasar sekaligus mengetahui peluang dan kendala pemasaran," katanya.

Project Manager Program YESS PPIU Jatim, Acep Hariri menambahkan kemitraan Polbangtan Malang dan Paskomnas akan menjadi wadah yang memfasilitasi petani milenial, untuk mengembangkan kapasitas dan kompetensinya menembus pasar lokal, nasional hingga internasional.

Kegiatan penandatanganan kerjasama diakhiri dengan sesi diskusi Paskomnas dengan para petani milenial Jatim untuk sharing session, yang dihadiri Direktur Pengembangan Agribisnis Paskomnas, Soekam Parwadi. (OL-13)

Baca Juga: Bangun Jejaring Pasar, Polbangtan Malang Gandeng Paskomnas

 

Baca Juga

DOK pribadi.

Perempuan dari Indonesia Timur Peroleh Pelatihan 10 Keterampilan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 16:39 WIB
Pelatihan itu bertujuan agar perempuan mampu berpikir analitik, aktif, inovatif, kreatif, penuh inisiatif, menguasai teknologi digital,...
Antara

Presiden: Realisasi Investasi Lampaui Target

👤Andhika prasetyo 🕔Rabu 01 Februari 2023, 16:34 WIB
realisasi investasi Indonesia pada mencapai Rp1.207 triliun. Angka tersebut melebihi target yang ditetapkan yaitu sebesar Rp1.200...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Presiden: Konsistensi Hilirisasi Jadi Kunci Menuju Negara Maju

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 01 Februari 2023, 16:24 WIB
Joko Widodo menegaskan bahwa konsistensi penguatan industri hilir merupakan kunci bagi Indonesia untuk melompat dari negara berkembang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya