Minggu 15 Januari 2023, 15:40 WIB

Sinergi Developer Perbankan Penuhi Kebutuhan Pasar Properti 

Gana Buana | Ekonomi
Sinergi Developer Perbankan Penuhi Kebutuhan Pasar Properti 

DOK IST
Club House Cluster Megah Aryana Karawaci.

 

PEMBIAYAAN jadi faktor utama dalam pemasaran sebuah produk properti. Sinergi antara developer dan perbankan mampu memenuhi kebutuhan end usser dalam memperoleh hunian yang layak bagi mereka. 

“Developer dan bank itu seperti koin, memiliki 2 sisi yang menyatu. Sinergi keduanya harus bisa memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memiliki rumah impiannya,” tegas Project Consultant (Principal LJ Hooker Gading Serpong) Rita Megawati dalam peluncuran Club House Cluster Megah Aryana Karawaci, Sabtu (14/1). 

Menurut Rita, berperan bagaimana mempercepat proses pembiayaan, kemudian mempermudah permintaan (demand). Mempermudah konsumen untuk memiliki akses dengan kondisi keuangan terbatas dan menjadi sebuah solusi. 

“Kerja sama antara developer dan perbankan tentu bukan hanya kepentingan bisnis semata, namun juga bertujuan untuk sosial yang diwujudkan melalui penyediaan hunian yang berkualitas,” kata dia. 

Consumer Loan Manager Bank Mandiri Area Gading Serpong Harry RT Sihite menyampaikan, kerjasama antara perbankan dan developer perumahan memang bertujuan untuk memudahkan konsumen memiliki hunian. Harry mencontohkan, seperti kerjasama antara Bank Mandiri dengan Aryana Karawaci. Dimana perbankan menyiapkan paket ‘all in’ mulai dari biaya provisi hingga balik nama. 

“Konsumen tinggal pilih unit dan siapkan booking fee lalu siapkan uang muka mulai dari 5% dan proses menuju akad kredit bisa kita lakukan dengan cepat asalkan BI checking atau SLIK OJK konsumen bagus,” tegasnya.  

Selain itu, untuk memudahkan konsumen dalam pengurusan proses KPR, sales Bank Mandiri selalu ada di lokasi proyek Aryana Karawaci. 

“Selain itu kita juga ada program uang muka 0% untuk konsumen yang payroll-nya di Bank Mandiri dan tentunya ini untuk pembelian rumah pertama,” tambah dia.

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

Pengembangan penyangga Jakarta

Salah satu kawasan di sekitar Jakarta yang menjadi primadona properti adalah kawasan Tangerang Raya. Salah satu proyek properti yang sedang dipasarkan di kawasan ini adalah Aryana Karawaci yang dikembangkan oleh PT Purinusa Jayakusuma dengan luas mencapai 26 hektar.

“Meskipun berbarengan dengan kondisi pandemi penjualan tetap positif. kita fokus di dua cluster yaitu Prima Aryana dan Megah Aryana, penjualannya sangat positif. Prima Aryana yang dipasarkan pada Maret 2022 dan terdiri dari 139 unit dengan harga Rp 1 miliaran penjualannya sudah sold out,” jelas Direktur Utama PT Purinusa Jayakusuma Sianna Sutinah Rustanto

Untuk cluster Megah Aryana terdiri dari 126 unit yang dipasarkan sejak Juli 2022 lalu saat ini sudah terjual 75 %. Sementata dari cluster-cluster sebelumnya, pada 2022 lalu penjualan mencapai 300-an unit dengan rata- rata harga Rp1 miliaran.

Sementara Vice President PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Indradi Wahyudi selaku Consumer Loan Head. menegaskan, salah satu kawasan penyangga Jakarta yang menjadi magnet perkembangan properti berada di Barat Jakarta. Menurutnya, kawasan ini telah menjadi trigger perkembangan properti di Jabodetabek dan memberikan kontribusi dalam pembiayaan properti khususnya landed house bagi Bank Mandiri.

“Kawasan seperti Karawaci, Gading Serpong dan sekitarnya banyak terdapat pengembang besar dengan proyek berkelas. Salah satunya adalah proyek Aryana Karawaci, dan proyek di kawasan ini memberikan kontribusi dalam penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) Bank Mandiri. Dan segmen harga rumah yang banyak di serap melalui KPR Mandiri berada di angka Rp 800 juta ke atas,” tambah Indradi. (R-3)

Baca Juga

.

Sinarmas Sekuritas dan BEI ReGelar Galeri Investasi Edukasi di Bandung

👤RO/Micom 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:23 WIB
Hadirnya galeri investasi edukasi di kalangan Sekolah Menengah Atas ini adalah untuk mengenalkan instrumen investasi saham sejak dini...
Dok Airin

Inovasi Digital Warnai Ekosistem Logistik Laut Indonesia

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:05 WIB
JALUR laut Indonesia memegang peran penting dalam jalur perdagangan dunia dan...
Ist

Blu by BCA Digital Resmi Gandeng Mediawave sebagai Partner Digital Listening

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:00 WIB
Setelah melewati beberapa fase seleksi, BCA Digital yang merupakan anak perusahaan dari BCA Group, secara resmi menunjuk Mediawave...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya