Rabu 11 Januari 2023, 20:56 WIB

Agar Arus Kas Positif sehingga Keuangan Sehat

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Agar Arus Kas Positif sehingga Keuangan Sehat

DOK MI.
Ilustrasi.

 

SETIAP orang pasti mendambakan cash flow atau arus kas yang positif untuk keuangannya agar sehat. Dengan arus kas positif, nanti anda bisa lebih mudah mengatur tujuan finansial dan mencapai keinginan dengan lebih cepat.

Perencana keuangan Philip Mulyana membagikan kiatnya bagi masyarakat lebih mudah menciptakan cash flow yang positif. "Mencatat pengeluaran dan budgeting adalah hal terpenting untuk dilakukan, meskipun banyak yang merasa itu membosankan. Padahal, keduanya menjadi fondasi utama," ujar Philip seperti dikutip dalam siaran pers, Rabu (11/12).

Menurutnya, mencatat pengeluaran dapat mengingatkan setiap orang untuk menghindari overspending atau pengeluaran berlebih. Masyarakat juga bisa lebih mudah mengatur uangnya untuk memenuhi kebutuhan, setelah itu baru bisa memenuhi keinginannya.

Hal penting lain untuk menciptakan arus kas yang positif dengan mengategorikan pengeluaran. Dengan melakukan pemisahan kategori pengeluaran nanti membantu perencanaan keuangan atau budgeting di kemudian hari. 

"Setelah bisa disiplin mencatat pengeluaran dengan baik, ini akan sangat membantu kita semua untuk budgeting lebih baik. Selanjutnya, kita tinggal mengikuti budget yang sudah dibuat supaya pengeluaran bisa ditekan turun," kata Philip. Philip mengungkapkan perencanaan finansial akan mudah dilakukan setelah mencatat pengeluaran karena masyarakat bisa mengevaluasi kebiasaan berbelanjanya. 

Kiat lain agar cash flow bisa positif ialah setelah budgeting dilakukan, anda tak perlu terlalu ketat mengikuti perencanaan tersebut. "Kadang kita sudah kasih jatah sekian buat belanja online, tetapi ternyata enggak bisa. Enggak masalah, bujet mungkin bisa
dinaikin sedikit pada bulan depan. Namun, reviu dulu. Bujet belanja online mungkin bisa ditambahkan dengan mengambil bujet dari kategori pengeluaran lain," ujar Philip. Dengan menerapkan kebiasaan budgeting seperti ini, masyarakat bisa menyeimbangkan kebutuhan hidupnya dan menciptakan keuangan yang sehat. (Ant/OL-14)

Baca Juga

Antara

Basuki: 30 Proyek IKN Senilai Rp24 Triliun Sudah Teken Kontrak

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:56 WIB
Beberapa konstruksi yang tengah dikerjakan antara lain Kantor Presiden dan Wakil Presiden, Kantor Kementerian, perumahan, jalan tol dan...
Ist

Dukung Pertumbuhan Fashion Lokal, MC Texstyle Gelar Promo

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:19 WIB
Manav Chainani, selaku owner MC Texstyle mengatakan, promo tanggal kembar yang dilakukan setiap bulan ini bertujuan untuk mendukung...
Antara

Sri Mulyani: Pelaku Usaha Jangan Khawatirkan Tahun Politik

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:08 WIB
Menurutnya, Indonesia telah memiliki pengalaman yang matang dan mampu menjalankan pemilu dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya