Rabu 11 Januari 2023, 20:24 WIB

Kenalkan Mi Korsel di Indonesia, Shin Tae-yong Dipilih Jadi Model Iklan

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kenalkan Mi Korsel di Indonesia, Shin Tae-yong Dipilih Jadi Model Iklan

Ist
Aksi akting pelatih sepak bola Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjadi model iklan mi asal Korea Selatan.

 

SEBAGAI pelatih sepak bola Timnas Indonesia, nama Shin Tae-yong, sudah dikenal masyarakat di Tanah Air. Wajah Shin Tae-yong kerap menghiasi layar kaca saat Timnas Indonesia berlaga dengan timnas negara lain.

Popularitas Shin Tae-yong tak perlu diragukan lagi. Berkat ketenarannya, pria asal Korea Selatan (Korsel) yang berusia 52 tahun pun telah diminta menjadi bintang iklan produk kopi.

Setelah menjadi model satu produk kopi, mantan pelatih yang membawa klub Seongnam Ilhwa Chunma menjuarai AFC Champions League 2010 itu kembali menjadi bintang iklan untuk produk mi instan asal 'Negeri Ginseng', Nongshim Bulgogi.

Di balik sikap tegasnya saat menjadi pelatih, Shin Tae-yong bisa berakting kocak saat menjadi bintang iklan.  

Dalam akun Instagram @shintaeyong7777, video iklan berdurasi 30 detik itu pun menarik perhatian netizen Indonesia.

"Ini baru asli, Nongshim Bulgogi. Jujurly rasa Bulgogi asli seperti di Korea," tulis Shin Tae-yong melalui keterangannya di akun Instagram @shintaeyong7777.

Dalam video itu, Shin Tae-yong terlihat tampil energik. Dia mengenakan jas berwarna kuning, celana panjang hitam, dan dasi kupu-kupu.

Shin Tae-yong juga bisa bergoyang menari dengan  menggerakkan tangannya ke kiri-kanan dengan iringan musik.

Sambil bergoyang, dia memperlihatkan produk mie instan yang dibintanginya. "Bulgogi yang asli, Bulgogi asli, Nongshim Bulgogi," ujar iringan musik iklan tersebut.

Baca juga: Kolaborasi dengan Girl Band Blackpink, Biskuit Oreo Tuai Sukses dan Viral

Dalam keterangan pers, Rabu (11/1), Jenny Liliyanty, Brand Manager PT. Sukanda Djaya, mengatakan Nongshim sebagai brand mi instant nomor satu di Korea Selatan dan  di Indonesia hadir dengan nama Nongshim Farmer’s Heart yang bersertifikasi halal dari MUI.

"Sebagai upaya dalam meneruskan komitmen untuk memanjakan selera masyarakat, Nongshim Farmer’s Heart mengeluarkan varian baru di tahun 2022 yaitu Nongshim Bulgogi," katanya.

"Untuk memudahkan penetrasi produknya ke pasar Indonesia, dibutuhkan ide campaign yang dapat memicu percakapan atau viral di masyarakat Indonesia," ujar Jenny.

“Kami memilih Shin Tae-Yong sebagai talent dalam campaign ini karena beliau merupakan public figure Korea yang cukup dikenal di Indonesia sehingga bisa mewakili Nongshim Indonesia dalam berbagai aspek seperti kultur dan misi brand," paparnya.

"Dengan perpaduan ini kami yakin cita rasa Nongshim Bulgogi bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat Indonesia sehingga penetrasi ke pasar di Indonesia bisa lebih luas lagi,” jelas Jenny.

Nongshim Farmer’s Heart menjalankan campaign untuk Nongshim Bulgogi dengan sosok Shin Tae-Yong sebagai surprise element dan representasi persona/figur untuk memvalidasi keotentikan produk ke masyarakat Indonesia.

Campaign dengan berbagai marketing effort ini dilakukan secara menyeluruh di berbagai channel dan platform digital sepanjang September-November 2022 dengan melibatkan buzzer, platform social media dan publisher untuk optimisasi campaign.

Selain itu, dilakukan pemerataan distribusi produk oleh PT. Sukanda Djaya yang menjangkau banyak daerah di Indonesia.

Adapun konsep yang diambil menggunakan cultural approach, dimana perbedaan kultur (bahasa) seringkali menjadi hal unik yang bisa terjadi di kehidupan sehari-hari dan sering dieksplor dengan pendekatan komedi.

"Nongshim Indonesia mengambil peran sebagai ‘obat homesick’ bagi Shin Tae-Yong yang sangat merindukan rasa bulgogi yang asli di Indonesia," jelas Jenny.

Cerita diawali dengan sebuah video tentang Shin Tae-yong, orang Korea yang bekerja dan tinggal di Indonesia, marah-marah karena rindu dan sulit sekali menemukan makanan dengan rasa bulgogi asli.

"Situasi semakin rumit dan lucu karena perbedaan bahasa dengan karakter Kang Deon. Di sinilah stimulus berjalan dengan sangat baik untuk memicu respon/percapakan dari banyak audiens," ujar Jenny.

Cerita berakhir dengan video ke-2, di mana Shin Tae-Yong akhirnya mendapatkan Nongshim Bulgogi yang asli.

Shin Tae-yong pun sangat bahagia hingga berjoget dengan iringan jingle Nongshim Bulgogi. Video ini merupakan bentuk konklusi dari campaign. (RO/OL-09)

 

 

Baca Juga

DOK pribadi.

Akselerasi Pebisnis Kuliner Bandung, ESB Hadir di BIFHEX 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:08 WIB
ESB menghadirkan teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner F&B, baik restoran, cloud kitchen, warung...
Dok MI

Industri Layanan Pernikahan Berpotensi Menjadi Panggung Bisnis

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:01 WIB
Industri pernikahan berpotensi menjadi panggung bisnis, mengingat tingginya angka pernikahan di...
DOK Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Precious Berikan Beragam Keuntungan bagi Pelanggan Setia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 20:59 WIB
Program Sinar Mas Land Precious berlaku untuk para pelanggan yang telah membeli produk properti sejak 1 Maret...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya