Rabu 11 Januari 2023, 18:33 WIB

Erick Thohir Dorong Dirjen Imigrasi Mudahkan Layanan Investor Asing

mediaindonesia.com | Ekonomi
Erick Thohir Dorong Dirjen Imigrasi Mudahkan Layanan Investor Asing

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir usai menerima penghargaan Minister Of The Year pada CNBC Indonesia Awards 2022 di Jakarta, Senin (12/12/2022).

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong Dirjen Imigrasi baru Silmy Karim untuk memudahkan pelayanan keimigrasian agar para investor mancanegara mudah masuk ke Indonesia. Pasalnya, jika banyak investor asing yang masuk ke Indonesia, lapangan kerja untuk masyarakat juga akan semakin meluas ke berbagai sektor.

"Hal ini penting dalam upaya kita membuka lapangan kerja, kuncinya di sini. Kalau warga negara lain tidak bisa datang ke sini, tentu tidak ada lapangan kerja," tutur Erick dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (11/1).

Keimigrasian merupakan pintu gerbang Indonesia dalam memudahkan para investor masuk ke Nusantara. Dengan lebih banyak investasi mancanegara, perluasan lapangan kerja dapat terus berjalan mulai dari pembangunan infrastruktur, produksi barang dan jasa serta hingga ranah pariwisata.

Di samping itu, Erick Thohir juga menekankan pentingnya bersih-bersih, perbaikan manajemen, dan digitalisasi untuk meningkatkan pelayanan keimigrasian. Ia terbukti berhasil dalam melakukan bersih-bersih untuk mentransformasi pelayanan BUMN terhadap masyarakat dan negara.


Baca juga: Program Pesantren Go Digital dari PT Telkom Disambut Hangat Santri dan Pesantren


Program-program Kementerian BUMN kepada masyarakat juga menjadi lebih tepat sasaran dan jadi lebih dirasakan. Seperti halnya KUR, Mekaar, Makmur, dan Solusi Nelayan yang mendorong kesejahteraan masyarakat akar rumput di seluruh wilayah Indonesia.

"Saya kedatangan Pak Silmy, Dirjen Imigrasi, yang akan bongkar-bongkar, sama bersih-bersih. Pelayanan masyarakat, termasuk warga negara mancanegara yang beraktivitas di Indonesia, wajib dilayani dengan baik," pungkas Erick.

Sementara itu, Silmy Karim mengapresiasi masukan yang diberikan oleh Menteri BUMN dalam rangka mentransformasi pelayanan imigrasi Indonesia. Ia membeberkan terdapat tiga fokus utama yang meliputi pelayanan, digitalisasi, dan golden visa.

Dengan adanya masukan dari Erick Thohir, program tersebut dicanangkan akan diselesaikan dalam 100 hari kerja.

"Dengan dukungan Pak Erick Thohir, tadi kita sudah diskusi dan sudah didukung juga. Terima kasih Pak Erick Thohir, luar biasa sehingga kita bisa deliver lebih cepat. Ketiga hal ini akan kita upayakan dalam 100 hari ke depan," terang Silmy. (RO/OL-16)

Baca Juga

Antara

Ekonomi Indonesia Diprediksi Tetap Tumbuh Kuat di Tahun Politik

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:11 WIB
Untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi, Piter mengatakan guna mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah harus menjaga permintaan...
Antara

BPJT: Ada Denda Bagi Pelanggar Transaksi Tol Nirsentuh

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:59 WIB
Adapun pemberlakuan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh (MLFF) termasuk denda bagi pengendara, akan berlaku setelah payung hukum...
Ist

Kisah Pria Bengkulu yang Sukses Pasarkan Njoy Coffee

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:50 WIB
Dany Alghaza sebagai Direktur PT Alghaza Herb Internasional yang bergerak sebagai suplier produk suplemen Herbal. Salah satu produk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya