Senin 09 Januari 2023, 16:15 WIB

Ketum BPP HIPKA Kamrussamad: Arah Kebijakan Ekonomi 'On the Right Track'

mediaindonesia.com | Ekonomi
Ketum BPP HIPKA Kamrussamad: Arah Kebijakan Ekonomi 

Ist
Forum Economic Outlook 2023: Optimis atau Waspada digelar HIPKA (Himpunan Pengusaha KAHMI) digelar di Menteng, Jakarta. Senin (9/1). 

 

Forum "Economic Outlook 2023: Optimis atau Waspada" digelar HIPKA (Himpunan Pengusaha KAHMI) digelar di Menteng, Jakarta. Senin (9/1). 

"Kebijakan Ekonomi sepanjang tahun 2022 dinilai sudah berada dijalan yang tepat - on right track. Walaupun tidak sedikit tantangan dan pekerjaan rumah harus dituntaskan," kata Kamrussamad, Anggota Komisi XI DPR dan juga Ketua Umum BPP HIPKA (Himpunan Pengusaha KAHMI) dalam Forum Economic Outlook 2023.

Ia juga menjelaskan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan antara lain pertumbuhan ekonomi yang berkualitas sebagai pemantik Penciptaan lapangan kerja baru.

"Sehingga Pengangguran dan kemiskian dapat dikurangi setiap tahun. Peningkatan alokasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2023 merupakan salah satu faktor pendorong sektor UMKM>" ujar Kamrussamad.

Sementara itu Frederica Widyasari, Dewan Komisioner OJK, menyampaikan optimisme terhadap peningkatan literasi, edukasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat serta pencegahan dan mitigas atas Investasi Ilegal menjadi perhatian OJK sebagai bentuk nyata perlindungan konsumen.

Baca juga: BI Naikkan Suku Bunga Acuan, Wajah Bankir Bahagia

"Rencana strategis Pengaturan, Pengawasan dan Perlindungan konsumen 2023 siap di implementasikan OJK dengan mengharapkan dukungan dan kerjasama stakeholder industri jasa keuangan," kata Frederica.

Edhie Purnawan PhD, Kepala Badan Supervisi Bank Indonesia, menguraikan penguatan tujuan, fungsi, dan kewenangan Bank Indonesia sebagai Bank Central pasca-penetapan UU P2SK dinilai akan membawa arus positif dalam menjaga stabilitas makro ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

"Menjaga kestabilan nilai tukar rupiah, menjaga kestabilan Inflasi serta sistem pembayaran Indonesia diharapkan manpu beradaptasi digital currency yang sedang berkembang pesat," jelas Edhie.  

Pemerintah juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2023 sebesar 5,3%, sejalan dengan proyeksi pada rentang 4,7% hingga 5,1% dari berbagai lembaga internasional.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2023 tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan outlook perekonomian global tahun 2023 yang diperkirakan berada pada kisaran 2,2% hingga 2,7%. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok Kemenparekraf

Sandiaga Dorong Kepala Daerah Gairahkan Kunjungan Desa Wisata

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 27 Januari 2023, 12:13 WIB
Sandiaga Uno mendorong para kepala daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di desa wisata guna mendorong kebangkitan ekonomi dan...
Dok. Itama Ranoraya

Oneject Indonesia dan Itama Ranoraya Sepakati Kerjasama Distribusi Alkes dengan Enseval

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 12:03 WIB
“Kerjasama distribusi yang disepakati diharapkan dapat meningkatkan kemudahan akses bagi para tenaga kesehatan yang tersebar di...
Antara/Wahyu Putro A

Mendag Ajak Pengusaha Muslimah Perkuat Sektor Bisnis

👤Ficky Ramadhan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:43 WIB
Zulkifli Hasan mengajak perempuan pengusaha muslimah memperkuat sektor bisnis dan mengembangkan diskusi dalam setiap kesempatan untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya