Senin 02 Januari 2023, 15:37 WIB

Presdir Idea Indonesia Kembali Melakukan Pembelian Saham IDEA

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Presdir Idea Indonesia Kembali Melakukan Pembelian Saham IDEA

Dok. IDEA
Presiden Direktur Idea Indonesia Eko Desriyanto

 

PT Idea Indonesia Tbk (IDEA) kembali melaporkan pembelian saham perseroan yang dilakukan oleh Presiden Direktur IDEA Eko Desriyanto. Dari keterbukaan informasi yang dilaporkan oleh Perseroan, pada periode 26 Desember 2022 Eko membeli 14.609.100 lembar saham IDEA dengan harga rata-rata Rp68,69 per lembar. 

Pada periode sebelumnya di Agustus dan September 2022 lalu, Eko juga telah memborong saham IDEA sebanyak 19 juta lembar yang mengharuskan Eko merogoh kocek dengan total hampir Rp1miliar.

Dengan tambahan semua transaksi tersebut, maka kepemilikan saham Eko secara langsung di IDEA bertambah menjadi 30 juta lembar saham atau 2,85 % dari jumlah keseluruhan saham perseroan. Eko melakukan pembelian saham melalui pasar reguler. Tujuan dari transaksi itu adalah untuk investasi.

Dengan pembelian saham IDEA oleh Eko, komposisi kepemilikan saham IDEA pun berubah, yaitu PT Idea Asia Investama 591,40 juta lembar atau 55,66 %, Achmad Machlus Sadat 258,37 juta lembar setara 24,32%, dan masyarakat 182,4 juta lembar sebesar 17,17%.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang sama, Eko juga berencana menambah kepemilikan di IDEA kedepannya untuk tujuan investasi, walaupun belum dapat dipastikan berapa besarannya dan kapan waktunya.

Baca juga : Ini Berbagai Aksi Korporasi BRI pada 2022, Dari Terbitkan Green Bond Hingga Sebar Dividen Interim

PT Idea Indonesia Tbk melakukan IPO (Initial Public Offering) atau penawaran umum perdana saham pada tahun 2021 dengan nilai total dana yang diperoleh sebesar Rp29,7 miliar.

IDEA memiliki anak perusahaan yang saling bersimbiosis dengan bisnis utamanya, yaitu PT Aidia Indonesia Propertindo yang memiliki dan mengoperasikan Hotel Aidia Grande dan Thuba Resto di Metro, Lampung. Di tahun 2022, Aidia Grande Hotel juga telah menyelesaikan penambahan kamar dan fasilitas seperti kolam renang, gym dan penambahan meeting room.

Pada November 2022, IDEA pun berekspansi dengan membuka cabang pelatihan ketiganya di Kota Semarang, Jawa Tengah dan sebelumnya di Kota Surabaya, Jawa Timur untuk mengakomodir meningkatnya permintaan tenaga kerja pada sektor pariwisata.

IDEA berharap dengan cabang pelatihan baru di Semarang, Surabaya dan penambahan kamar dan fasilitas Hotel Aidia Grande dapat menyumbang pendapatan lebih besar, sekaligus Langkah strategis menyambut pertumbuhan sektor pariwisata pasca Covid-19. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Dok Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia Bidik 1.000 Kios untuk Pasarkan Pupuk Non Subsidi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 13:10 WIB
Pupuk Indonesia membidik 1.000 kios komersil, yang memasarkan pupuk non subsidi dan produk-produk Pupuk Indonesia lainnya, untuk beroperasi...
Ist

Lima Cara Meriset Produk Unggulan untuk Tingkatkan Omzet Penjualan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:24 WIB
Riset produk dapat menjadi cara untuk melihat perkembangan kompetitor sehingga Anda dapat mengembangkan produk dan layanan dengan lebih...
MI/Henri

Swiss Tertarik Kerja Sama Bangun IKN

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:09 WIB
DUTA Besar Swiss untuk Indonesia Olivier Zehnder menyatakan ketertarikan negaranya untuk kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya