Jumat 30 Desember 2022, 17:41 WIB

Konsisten Terapkan Pengelolaan Lingkungan Beyond Compliance, Berau Coal Kembali Raih Satu Proper Emas dan Dua Proper Hijau

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Konsisten Terapkan Pengelolaan Lingkungan Beyond Compliance, Berau Coal Kembali Raih Satu Proper Emas dan Dua Proper Hijau

Dok. Berau Coal
Direktur PT Berau Coal Arief Wedhartono menerima penghargaan PROPER dadi Wapres Ma'ruf Amin

 

KEMBALI mengukir prestasi membanggakan di bidang pengelolaan lingkungan. PT Berau Coal mendapatkan tiga Penghargaan Anugerah Program Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2022. Ketiga penghargaan tersebut yakni satu peringkat emas untuk Site Lati, dan 2 peringkat hijau masing-masing untuk Site Binungan dan Site Sambarata.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan langsung Penghargaan Anugerah Lingkungan PROPER Tahun 2022 yang diterima oleh Direktur PT Berau Coal Arief Wiedhartono di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Kamis (29/12). 

Penghargaan PROPER yang kembali diraih menjadi bukti nyata PT Berau Coal telah secara konsisten menunjukkan keunggulan pengelolaan lingkungan dalam operasionalnya, serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Meskipun PT Berau Coal pernah meraih penghargaan yang sama di tahun-tahun sebelumnya, namun persaingan perusahaan dan kriteria penilaian PROPER semakin ketat. Tahun ini dari sub sektor tambang batu bara hanya dua perusahaan yang berhasil mendapat PROPER peringkat emas, salah satunya adalah PT Berau Coal Site Lati.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjelaskan, di tahun ini kriteria penilaian mencakup penerapan kriteria penilaian daur hidup dan pelaksanaan inovasi sosial, serta kategori green leadership yang menilai kepemimpinan CEO perusahaan kandidat Emas PROPER.

"Perusahaan yang mengikuti PROPER, baik jumlah maupun peringkatnya semakin meningkat. Artinya, semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya berperan dalam pengelolaan lingkungan hidup," ujar Ma'ruf.

PROPER adalah penghargaan yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada perusahaan terkait kinerja pengelolaan lingkungan. Ada lima kategori mulai dari yang terburuk yakni Kategori HITAM, Kategori MERAH, Kategori BIRU, Kategori HIJAU dan Kategori EMAS.

PROPER EMAS diberikan pada perusahaan-perusahaan yang dinilai memenuhi passing grade EMAS dan telah menunjukkan konsistensi meraih peringkat HIJAU pada 2 periode PROPER sebelumnya. Juga menunjukkan program inovasi sosial yang dimiliki oleh perusahaan dan komitmen para pemimpin dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. 

Baca juga : Pimpin PLN Sebagai Pilar Transisi Energi Nasional, Darmawan Prasodjo Dianugerahi Green Leadership Utama dari Pemerintah RI

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan apresiasi itu kepada perusahaan yang taat dalam pengelolaan lingkungan serta memberdayakan dan bermanfaat kepada masyarakat. 

Wapres memberikan apresiasi kepada perusahaan dan CEO penerima penghargaan serta berharap agar prestasi yang telah diraih tersebut dapat menginspirasi perusahan lainnya untuk melakukan aksi serupa dalam menjaga lingkungan.

“Kinerja perusahaan Saudara sekalian terbukti menjadi yang terdepan dalam pengelolaan lingkungan. Saudara-saudara adalah inspirasi dan motivasi bagi perusahaan lain untuk melakukan hal serupa dalam rangka memuliakan Indonesia sebagai bangsa yang disegani dunia, dan berhasil dalam mengelola lingkungan hidup lestari,” tutur Ma’ruf.

Mendampingi Wakil Presiden, dalam pemaparan sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyampaikan perusahaan yang dinilai dalam kinerja lingkungan PROPER tahun 2022 sebanyak 3.200 unit entitas perusahaan. Jumlah tersebut telah meningkat sebanyak 25 persen dalam 2 tahun terakhir.

Adapun pengumuman hasil dari penilaian PROPER yakni sebanyak 51 perusahaan mendapat kinerja emas, 170 perusahaan kinerja hijau, 2.031 perusahaan kinerja biru, 187 perusahaan kinerja merah, 2 perusahaan kinerja hitam, serta 59 perusahaan tidak dapat diumumkan karena berproses di Ditjen Gakkum Kementerian LHK dan tidak lagi beroperasi.

Sementara itu, Direktur PT Berau Coal Arief Wiedhartono yang menerima trofi PROPER dalam acara penganugerahan penghargaan tersebut pun turut bersyukur atas konsistensi pencapaian PT Berau Coal dalam menerima penghargaan PROPER, tahun ini kembali meraih tiga penghargaan dengan satu peringkat emas dan dua peringkat hijau. 

Menurutnya, KLHK terus meningkatkan standar penilaian dalam PROPER sehingga hal ini pun tentu menjadi motivasi bagi setiap perusahaan untuk dapat konsisten melakukan inovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup dan program sosial ke masyarakat yang berdampak dan berkelanjutan.

“Dalam proses penilaian PROPER yang ketat ini, kami bersyukur atas raihan satu emas dan dua hijau. Pencapaian ini merupakan wujud konsistensi upaya perusahaan untuk mencapai lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance) dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup dan program inovasi sosial dalam mendorong kemandirian masyarakat di lingkar operasional kami." ujar Arief.

Raihan penghargaan itu menjadi motivasi bagi perusahaan untuk dapat mencapai target-target baru dalam upaya menjalankan operasional pertambangan yang ramah lingkungan (green mining), efisien dalam penggunaan energi, turut serta dalam penggunaan energi baru terbarukan dan melakukan program-program pemberdayaan yang berdampak positif serta berkelanjutan untuk masyarakat. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Dok.Bank DKI

Kredit Tumbuh 23,53%, Laba Bank DKI Melesat Naik 29.11%

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 07:45 WIB
Bank DKI terus memperluas inklusi keuangan, salah satunya melalui digitalisasi...
Dok. Pribadi

Optimisme di Tengah Ancaman Resesi Global Terus Digelorakan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 23:59 WIB
Dari pandemi Covid-19, lanjutnya, Indonesia bisa belajar mencari sumber pendanaan, salah satunya untuk kebijakan...
Antara

Paket Wisatawan Borubudur akan Dipatok Rp500 ribu untuk Wisman

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 07 Februari 2023, 23:44 WIB
Tarif sebesar Rp500.000 untuk wisatawan mancanegara (wisman) dan Rp100.000 untuk wisatawan nusantara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya