Jumat 30 Desember 2022, 11:00 WIB

Komitmen Lingkungan, Pusri Raih Proper Emas 2022

Dwi Apriani | Ekonomi
Komitmen Lingkungan, Pusri Raih Proper Emas 2022

dok.humas pusri
Wapres Ma'ruf Amin dan Menteri LHK RI Siti Nurbaya memberikan penganugrahan Proper Emas kepada Dirut PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh,

 

PT Pusri Palembang berhasil meraih anugrah Program Kinerja Penilaian Peringkat Perusahaan dalan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Emas tahun 2022. Penghargaan itu diberikan oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin di Istana Negara, Kamis (29/12/2022).

Direktur Utama Pusri Tri Wahyudi Saleh mengatakan pihaknya selalu berupaya untuk menciptakan green industri dan program berkesinambungan serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Sebab, lingkungan yang sehat menjadi keharusan yang selalu dilakukan Pusri, termasuk juga kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan. "Kami akan selalu berusaha dan berupaya lewat pengembangan serta program-program yang ditujukan bagi masyarakat dan lingkungan," ucapnya.

Diraihnya penghargaan itu, kata Tri, tak terlepas dari seluruh insan Pusri yang bersama-sama memberikan yang terbaik.

"Alhamdulillah Proper Emas ini merupakan harapan kita semua, melalui Program Sehat Sejahtera (SESERA), Pusri berhasil raih Proper Emas. Saya sangat mengapresiasi atas prestasi insan Pusri. Kerja yang luar biasa dari kita semua berbuah manis dan sangat membanggakan," ucap Tri.

Pihaknya pun akan selalu berupaya dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. "Kami akan terus meningkatkan inovasi dan kinerja lingkungan perusahaan, agar dapat mempertahankan Proper Emas," jelas Tri.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyampaikan terdapat 51 perusahaan dengan penilaian Proper peringkat Emas, 170 perusahaan peringkat Hijau, 2.031 perusahaan peringkat Biru, 887 perusahaan peringkat Merah, 2 perusahaan peringkat Hitam, serta 59 perusahaan tidak dapat diumumkan karena sedang berproses di Ditjen Gakkum KLHK dan tidak lagi
beroperasi.

Penilaian dilakukan oleh Dewan Pertimbangan Propee yang imparsial, independen, dan beranggotakan dari unsur akademisi dan tokoh masyarakat. Adapun variabel penilaian terus berkembang dari waktu ke waktu yang ditetapkan dan disusun secara konseptual

"Semakin banyak perusahaan yang menjadi agen dan melibatkan pemangku kepentingan dan membantu mengurangi jejak dampak lingkungan," kata Siti Nurbaya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengapresiasi semua perusahaan yang menerima penghargaan. Menurutnya kinerja perusahaan penerima anugerah terbukti menjadi yang terdepan dalam pengelolaan lingkungan.

"Saudara-saudara menjadi inspirasi dan motivasi bagi perusahaan lain dalam mengelola lingkungan dengan program-program inovasi yang berkelanjutan," terang KH Ma'ruf Amin.

Ia menjelaskan pada tahun 2022 ini terdapat perubahan dan pengembangan dalam variable penilaian yaitu berkembang menjadi kerangka green leadership sebagai kebijakan green industry.

Adapun kriteria pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat dalam Proper meliputi sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi dan gas rumah kaca, efisiensi air, penurunan dan pemanfaatan limbah B3, pengelolaan 3R sampah, perlindungan keanekaragaman
hayati, pengembangan masyarakat, penerapan Life Cycle Assessment serta Social Return of Invesment. (OL-13)

Baca Juga: Diserahkan Wapres, Pertamina Borong 20 PROPER Emas dan Raih Green Leadership

 

Baca Juga

Dok. DPR RI

Komisi VI DPR Apresiasi PTPN Mampu Cetak Net Profit Hingga Ro5,5 Triliun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:00 WIB
Politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga berharap agar PTPN VIII bisa lebih dikembangkan lagi dalam sektor pariwisata. Juga diharapkan...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Industri Keuangan Hadapi Tahun Suram, Suport OJK Kembali Diharapkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:35 WIB
Kebijakan inovatif dari OJK yang bersifat counter cyclical sangat diharapkan....
Dok. DPR RI

Legislator Usul Program Transformatif PT Pos Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:05 WIB
Politisi Fraksi PAN ini menjelaskan, konsep central titipan ini juga akan sangat berguna terutama dikota-kota yang padat aktivitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya