Minggu 27 November 2022, 18:32 WIB

Dana Desa Naik pada Tahun Depan, MPR: Bentuk Dukungan Pemerintah

Faustinus Nua | Ekonomi
 Dana Desa Naik pada Tahun Depan, MPR: Bentuk Dukungan Pemerintah

Antara
Potret petani membajak sawah dengan menggunakan traktor tangan di Sulawesi Tengah.

 

KETUA MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa pada 2023, pemerintah akan menaikkan alokasi anggaran dana desa. Diketahui, dana desa akan naik dua kali lipat dibandingkan pada tahun ini.

"Tahun depan pemerintah sudah memutuskan akan menambah dana desa menajadi dua kali lipat. Kalau selama ini hanya Rp1 miliar, nanti ditambah menjadi Rp2 miliar," ujarnya, Minggu (27/11).

Menurut Bamsoet, sapaan akrabnya, penaikan anggaran dana desa merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Adapun dana tersebut bisa dipakai untuk kegiatan ekonomi kreatif masyarakat.

Baca juga: BPKP Nilai Pengelolaan Dana Desa Belum Efisien Dan Efektif

"Ruang kreativitas dibuka, karena uang dana desa itu bisa digunakan untuk kegiatan ekonomi kreatif. Dulu tidak boleh, nanti didorong bisa digunakan untuk ekonomi kreatif," imbuh Bamsoet.

Perekonomian global memang terancam resesi. Namun, pihaknya optimistis dengan kekuatan UMKM, Indonesia mampu melewati krisis ekonomi global. Berdasarkan fakta sejarah, menunjukkan bahwa krisis ekonomi pada 1998 dan 2008 tidak mempngaruhi ekonomi Indonesia. 

Baca juga: Oktober 2022, APBN Catatkan Defisit Rp169 Triliun

Justru dari kondisi krisis tersebut, semakin bermunculan pelaku UMKM baru yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Namun, jumlah wirausaha di Indonesia baru 3,47%, atau jauh tertinggal dari Amerika Serikat yang mencapai 11,5%, Singapura 7,2% dan Malaysia 5%.

Selaras dengan amanat Presiden Joko Widodo, pemerintah menargetkan rasio kewirausahawan mencapai 3,95% pada 2004. "Pemerintah juga memiliki program untuk pengembangan UMKM, seperti restrukturisasi kredit dan dana PEN yang bisa dimanfaatkan," pungkasnya.(OL-11)

Baca Juga

Istock

Menko Airlangga dan Menteri Ekspor Inggris Bahas Ekonomi Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 22:45 WIB
Menko Airlangga Hartarto dan Menteri Ekspor Kerajaan Inggris Andrew Bowie MP menggelar pertemuan membahas penguatan ekonomi...
Dok. MI

Hingga Akhir 2022, OJK Sudah Terima 315 Ribu Pengaduan

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 02 Februari 2023, 22:37 WIB
Dari pengaduan tersebut, sebanyak 7.252 atau 49% merupakan pengaduan sektor Industri Keuangan Non Bank (IKNB). OJK juga telah memantau...
Antara

Penambahan Pembangkit EBT 368,5 MW Butuh Investasi Rp26,8 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 02 Februari 2023, 22:22 WIB
Kementerian ESDM menyatakan pembangunan infrastuktur berbasis EBT tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang sulit terjangkau jaringan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya