Rabu 16 November 2022, 09:40 WIB

DPP BMI Gagas Desa Mandiri Go Global di B20

mediaindonesia.com | Ekonomi
DPP BMI Gagas Desa Mandiri Go Global di B20

dok.BMI
DPP BMI memasarkan produk unggulan UMKM dari pelosok desa di Indonesia pada B20 di Bali

 

DEWAN Pengurus Pusat (DPP) Banteng Muda Indonesia (BMI) menggagas produk unggulan para pelaku UMKM dari pelosok desa tertinggal Indonesia untuk diperlihatkan ke mancanegara, pada acara B20 di Nusa Dua, Bali. 

DPP BMI menjadi mediator guna terciptanya produk unggulan desa yang dapat diterima di pasar global.

Ketua Umum Banteng Muda Indonesia Mochamad Herviano, mengatakan BMI akan terus mendukung UMKM lokal agar dapat bersaing di pasar global, terutama UMKM yang dijalankan oleh para generasi muda. 

Hal ini senada disampaikan oleh Regina Vianney Ayudya, Ketua Bidang Luar Negeri DPP BMI. 

Regina mengatakan bahwa B20 jadi sarana komunikasi dan konsultasi antara pelaku bisnis Indonesia dan mancanegara. Sehingga  bisa mendorong dunia usaha lokal untuk saling berbagi informasi dan teknologi. 

“Kami dari DPP BMI menginginkan agar pelaku UMKM di seluruh pelosok negeri mampu bersaing di pasar global atau biasa kita sebut “Naik Kelas”," Oleh sebab itu, lewat kegiatan internasional seperti ini, kami mencoba menampilkan produk-produk," ujar Regina, dalam keterangannya, Rabu (16/11). 

"Lokal dari penjuru negeri yang memiliki nilai lebih dan kualitas tinggi dan sesuai dari permintaan kebutuhan pasar internasional," tambah Regina.

Sementara itu, Ketua Bidang Desa dan Daerah Tertinggal DPP BMI, Amanda Eyklima mengajak para pelaku usaha UMKM untuk menciptakan Desa Mandiri serta menjadikan produk unggulan desa mampu bersaing di pasar global dan menciptakan peluang kerjasama baru antara seller dan buyer yang hadir dari berbagai negara. 

Namun yang pasti tetap menjaga nilai dan tradisi lokal. “Mengukur ASI dan menginkubasi produk unggulan desa agar mampu bersaing di pasar global dan menjadikan desa tersebut mandiri secara ekonomi. Tinggal di desa, bisnis mendunia," ucap Amanda.

Adapun tujuan dari keterlibatan DPP BMI dalam agenda B20 di Bali, antara lain memberikan kesempatan bagi produsen/pelaku usaha UMKM untuk dapat menampilkan dan memperkenalkan produk-produk unggulan dari masing-masing Provinsi di Indonesia pada acara B20 di Nusa Dua, Bali.

Kemudian menciptakan peluang dan kesempatan bagi produsen/pelaku usaha UMKM untuk menciptakan pasar baru dan meningkatkan kapasitas. 

Yang terakhir, turut serta membangun Desa Mandiri dan menjadikan produk unggulan desa mendunia. (OL-13) 

Baca Juga

Antara

Ekonomi Global Melambat, Sektor Industri Tetap Ekspansif

👤Ficky Ramadhan 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:50 WIB
Menurut S&P Global, sektor manufaktur Indonesia tercatat selalu konsisten di atas tanda dan tidak ada perubahan, yakni...
MI/Seno

Airlangga Beberkan Alasan Serapan Daerah Rendah Tahun Ini

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:39 WIB
Sedianya, pada tahun ini, ada banyak pengeluaran yang ditujukan untuk penanganan covid-19. Namun pada kenyataannya, pandemi...
Dok. Itama Ranoraya

Ganti Logo, Itama Ranoraya Bertekad Terus Tingkatkan Kinerja

👤Mediandonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:36 WIB
“Pergantian logo dilakukan dengan tujuan memacu semangat dan gairah baru seluruh insan perusahaan berlari bersama-sama untuk mencapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya