Senin 14 November 2022, 16:11 WIB

Presiden Minta Uni Eropa Percepat Perundingan IEU CEPA

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden Minta Uni Eropa Percepat Perundingan IEU CEPA

MI/Agung Wibowo
Presiden Indonesia Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen membantu mendorong percepatan perundingan Indonesia-Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA).

Permintaan tersebut disampaikan secara langsung kepada Von Der Leyen dalam pertemuan bilateral di The Apurva Kempinski, Bali, Senin (14/11).

“Perundingan ke-12 sudah dijadwalkan di akhir 2022. Saya berharap perundingan akan mengalami kemajuan termasuk untuk isu pengadaan barang pemerintah, UKM dan pajak ekspor,” ujar Jokowi.

Baca juga: Uni Eropa dan Indonesia Percepat Negosiasi IEU CEPA

Sebagai Ketua ASEAN 2023, Kepala Negara juga menginginkan kemitraan antara ASEAN dan Uni Eropa terus diperkuat. Adapun, terkait G20, Jokowi juga meminta Komisi Eropa dan G7 dapat memberikan dukungan dan fleksibilitas agar KTT G20 bisa menghasilkan deklarasi.

“Saya ingin hasil kerja konkret G20 yang ditunggu dunia tetap dapat dihasilkan. Sekali lagi dukungan Yang Mulia akan sangat dihargai,” ucap mantan wali kota Surakarta itu.

Adapaun, Presiden Komisi Eropa Von Der Leyen mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam G20 yang terus berupaya merumuskan solusi bersama terkait krisis global. Indonesia dipandang sebagai mitra terpercaya dalam berbagai isu strategis termasuk energi terbarukan dan keamanan pangan.(OL-5)

Baca Juga

Biro Pers Setpres

Kebijakan Jaring Pengaman Sosial Jokowi Dorong Pemulihan Ekonomi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 13:30 WIB
Salah satu kebijakan Jokowi untuk mempercepat pemilihan ekonomi masyarakat bawah adalah dengan memberikan jaring pengaman...
dok.ist

Sandiaga Dorong Pelaku UMKM dan IKM Manfaatkan Teknologi di Ternate

👤Hijrah Ibrahim 🕔Minggu 27 November 2022, 12:45 WIB
Dalam kunjungannya ke kota yang terkenal kaya akan rempah-rempahnya itu, Sandiaga mendorong para pelaku UMKM dan IKM untuk lebih...
PPI Dunia

PPI Dunia Siap Dukung Penuh Hilirisasi Industri

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 11:07 WIB
Achyar menegaskan sikap PPI Dunia siap mendukung program pemerintah untuk kemajuan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya