Minggu 23 Februari 2020, 19:19 WIB

Uni Eropa dan Indonesia Percepat Negosiasi IEU CEPA

Ahmad Maulana | Ekonomi
Uni Eropa dan Indonesia Percepat Negosiasi IEU CEPA

Twitter @PhilHogan.
KOMISIONER Perdagangan Uni Eropa, Phil Hogan, dan Wamendag Jerry Sambuaga.

 

KOMISIONER Perdagangan Uni Eropa, Phil Hogan, mengapresiasi pertemuan dengan delegasi Indonesia yang dipimpin Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga terkait komitmen menyelesaikan negosiasi Indonesia European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA) sebelum akhir tahun ini.

“Saya sangat senang bisa bertemu dengan Wamendag Jerry Sambuaga dalam rapat yang sangat positif dan konstruktif. Terkait progres negosiasi perdagangan, kami berkomitmen untuk menyelesaikannya sesegera mungkin,” kata Phil Hogan melalui akun Twitter resminya @PhilHogan, Sabtu (22/2).

Baca juga:Pertemuan G20 Bahas Optimalisasi Pajak di Era Digital

Dalam pertemuan itu, Indonesia mengajukan proposal percepatan perundingan IEU CEPA dan disambut positif oleh pihak Uni Eropa. Pertemuan ini juga membahas keluhan soal beberapa produk Indonesia yang sulit masuk ke Eropa dan beberapa perbedaan kepentingan dagang antar kedua belah pihak.

“Tentu secara teknis ada beberapa hal yang harus ditindaklanjuti. Tetapi, secara umum kita menyambut baik sikap Komisioner Dagang Uni Eropa. Komitmen percepatan ini bisa jadi jalan untuk mewujudkan kepentingan agar produk Indonesia punya akses lebih besar di pasar Internasional, khususnya Uni Eropa,” kata Jerry Sambuaga.

Delegasi Indonesia yang dipimpin Wamendag menyertakan pula Duta Besar Indonesia untuk Belgia, Luksemburg, dan Uni Eropa Yuri Thamrin dan Deputi Menko Perekonomian Bidang Pangan Pertanian Musdhalifah Machmud dalam rangkaian pertemuan dengan beberapa stake holder di Uni Eropa.

“Saya menyambut dan mendukung pertemuan intens antara Wamendag dengan Uni Eropa sebagai upaya mendorong percepatan IEU CEPA. Uni Eropa biasanya cukup keras dan alot, tapi melalui upaya rangkaian pertemuan ini kami optimistis kepentingan kedua belah pihak bisa terakomodasi,” kata Yuri Thamrin. (RO/A-3)

Baca Juga

Antara/Siswo Widodo

Pembelian BBM Subsidi Masih bisa Seperti Biasa

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:00 WIB
Pertamina melakukan uji coba pembelian BBM bersubsidi melalui aplikasi mulai 1 Juli hingga 30 Juli 2022. Uji coba tersebut hanya dilakukan...
THINKSTOCK

Trik Aktif dan Produktif Berjualan di Medsos

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 13:56 WIB
Kecakapan digital membuat seseorang memanfaatkan media sosialnya untuk hal-hal positif, termasuk meraih keuntungan dengan...
Ist/DPR

DPR dan Pemerintah Sepakati Realisasi Defisit APBN Tahun 2022 di Angka 4,5%

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 11:52 WIB
Banggar DPR RI bersama pemerintah menyepakati realisasi defisit sampai dengan akhir tahun 2022 diperkirakan mencapai angka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya