Selasa 08 November 2022, 21:20 WIB

Apindo: Permintaan Ekspor Industri Sepatu, Karet, Elektronik Anjlok

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Apindo: Permintaan Ekspor Industri Sepatu, Karet, Elektronik Anjlok

Antara/Raisan Al Farisi.
Pekerja menyelesaikan produksi sepatu kulit di Sentra Sepatu Cibaduyut, Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/11/2022).

 

DI tengah resesi dunia yang terjadi saat ini, beberapa industri sudah mengalami dampak yang cukup signifikan. Industri persepatuan, misalnya, mengalami penurunan permintaan ekspor, khususnya dari Uni Eropa dan Amerika Serikat.

"Masalah sekarang ini ialah resesi dunia yang sudah terjadi, terutama Uni Eropa dan Amerika. Efeknya langsung kepada industri persepatuan dan tekstil. Di persepatuan saja order menurun 50% rata-rata. Ada yang 70% dan kurang. Bergantung pasarnya. Kalau di Uni Eropa dan Amerika itu sangat turun, sementara Asia masih bagus," ungkap Ketua Bidang Ketenagakerjaan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Anton Supit dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR, Selasa (8/11).

Baca juga: BI Diingatkan Jangan Agresif Naikkan Suku Bunga Acuan

Anton menambahkan bahwa saat ini industri karet juga mengalami penurunan permintaan ekspor sebesar 40% lebih dan akan berefek lebih dalam lagi karena menyangkut karet rakyat. "Artinya, jika permintaan dunia menurun, karet rakyat tidak akan terserap secara optimal dan menimbulkan probrem baru lagi," tutur Anton.

Selain itu, menurutnya, industri elektronik juga tengah mengalami penurunan permintaan ekspor. Hanya industri otomotif yang dikatakan tengah mengalami peningkatan permintaan ekspor.

"Otomotif untuk ekspor ke Middle East dan Asia lain juga naik. Jadi situasinya tidak bisa dikatakan sama," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Petrokimia Gresik

Petrokimia Gresik Raih Platinum Rank di ASRRAT 2022

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:21 WIB
Penguatan transparansi itu menjadikan hasil penilaian di ajang ASRRAT meningkat dari Gold Rank menjadi Platinum Rank yang merupakan level...
Dok.SIG

SIG Raih Penghargaan Top Sustainable Development Goals pada Ajang Top SDGs Award 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:23 WIB
SIG telah menetapkan tiga pilar sebagai prioritas keberlanjutan Perseroan sebagai kerangka dan acuan strategi perusahaan...
Dok. Bea Cukai

Sinergi Antarinstansi Dorong Implementasi NLE

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 20:35 WIB
NLE merupakan ekosistem logistik nasional yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya