Rabu 02 November 2022, 22:36 WIB

KWI: R20 Dorong Solidaritas dan Kepedulian Lintas Batas Negara

Faustinus Nua | Ekonomi
KWI: R20 Dorong Solidaritas dan Kepedulian Lintas Batas Negara

AFP
Forum R20.

 

KONFERENSI Wali Gereja (KWI) mendukung perhelatan forum agama negara anggota G20 atau G20 Religion Forum (R20) yang berlangsung mulai hari ini, Rabu (2/11). Diikuti oleh pemuka agama dari berbagai negara anggota, R20 menjadi momentum untuk meningkatkan kebersamaan umat beragama dalam menghadapi tantangan global.

Sekretaris Eksekutif KWI, Romo Paulus Christian Siswantoko, mengatakan diadakannya R20 juga bisa meningkatkan solidaritas dan kepedulian global. Tidak hanya di satu negara, tetapi solidaritas yang berdasarkan pada nilai-nilai luhur agama juga bisa membawa perubahan.

Baca juga: Hadapi Ageing Population, Indonesia Perbanyak Kawasan Ramah Lansia

"Solidaritas dan kepedulian antar umat beragama juga semakin berkembang, tidak hanya dalam konteks satu negara tetapi juga lintas negara. Sehingga agama benar-benar mampu membawa perubahan dan perkembangan yang positif diberbagai negara," ucapnya kepada Media Indonesia, Rabu (2/11).

Romo Siswantoko menyebut bahwa tantangan global seperti kemiskinan, perang, kerusakan lingkungan hidup, dan berbagai bentuk diskriminasi masih terjadi dimana-mana. Lantas dibutuhkan kekuatan bersama, kolaborasi dan kerja sama umat beragama untuk membawa perubahan yang lebih baik.

"Moga-moga forum ini juga mampu mengarusutamakan nilai-nilai agama yang amat luhur untuk membangun tata kehidupan bersama yang lebih bermartabat dengan menjunjung tinggi dan menghargai martabat manusia serta keutuhan ciptaan," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

Ist

Bank Himbara Diminta Tingkatkan Penyaluran KUR Khusus Penyediaan Alsintan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 15:15 WIB
Penerapan model pertanian padat modal melalui penggunaan teknologi akan menjadi solusi konkret bagi peningkatan produktivitas pertanian di...
Biro Pers Setpres

Kebijakan Jaring Pengaman Sosial Jokowi Dorong Pemulihan Ekonomi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 13:30 WIB
Salah satu kebijakan Jokowi untuk mempercepat pemilihan ekonomi masyarakat bawah adalah dengan memberikan jaring pengaman...
dok.ist

Sandiaga Dorong Pelaku UMKM dan IKM Manfaatkan Teknologi di Ternate

👤Hijrah Ibrahim 🕔Minggu 27 November 2022, 12:45 WIB
Dalam kunjungannya ke kota yang terkenal kaya akan rempah-rempahnya itu, Sandiaga mendorong para pelaku UMKM dan IKM untuk lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya