Jumat 28 Oktober 2022, 12:45 WIB

Pelangi Hotel Internasional dan Universitas Muhammadiyah Karanganyar Jalin Kerja Sama Strategis

Media Indonesia | Ekonomi
Pelangi Hotel Internasional dan Universitas Muhammadiyah Karanganyar Jalin Kerja Sama Strategis

DOK/PELANGI HOTEL INTERNASIONAL GROUP
Direksi Pelangi Hotel Internasional Group dan Rektorat Universitas Muhammadiyah Karanganyar sepakat melaksanakan kerja sama strategis

 


PELANGI Hotel Internasional (PHI) Group melakukan kerja sama strategis dengan Universitas Muhammadiyah Karanganyar, Jawa Tengah. Penandatanganan MoU dilaksanakan di Auditorium Umuka di Jalan Raya Solo-Tawangmangu KM 12, Karanganyar, Kamis (27/10).

PHI Group merupakan operator hotel nasional dan memiliki sejumlah hotel. Kelompok usaha ini digerakkan oleh sejumlah mantan eksekutif top perhotelan di Tanah Air dan luar negeri.

Sementara Umuka yang saat ini dipimpin oleh Rektor H Muhammad Samsuri memiliki dua program studi unggulan, yakni Perhotelan dan Binawisata.

"Penandatanganan kerja sama strategis ini menjadi langkah awal untuk menuju kolaborasi saling menunjang antara kampus dengan dunia usaha khususnya perhotelan. Kami yakin lulusan prodi Perhotelan dan Binawisata kami akan mampu segera beradaptasi dengan dunia kerja dan siap pakai untuk mendukung dunia usaha perhotelan, khususnya PHI group. Kami tahu PHI Group terus berekspansi di segala lini dunia pariwisata," tambah Rektor.

Pada acara itu, Rektor Samsuri didampingi segenap civitas akademika Umuka, di antaranya Wakil Rektor I  H Hassan Suryono, Wakil Rektor II Sarilan M Ali, Dekan Fakultas Komunikasi & Bisnis Dwi Acita Irawati, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Sujalwo serta sejumlah ketua program studi.

Sementara dari PHI Group hadir Presiden Direktur Donny Pur, didampingi Wakil Presiden Direktur Mangatur Simanjuntak serta Komisaris PHI Group Dani Yunus.


Persiapan SDM

 

Donny Pur, pada kesempatan itu, menyatakan, kerja sama strategis ini untuk menyiapkan tenaga atau calon hoteliers yang akan terjun bekerja meniti karir profesional di hotel maupun usaha wisata yang dimiliki dan dikelola oleh PHI Group.

"Pelangi Hotel Internasional sebagai salah satu operator hotel nasional yang sangat agresif mengembangkan lini usahanya di Indonesia, tidak hanya berfokus kepada pengelolaan atau operator hotel saja. Tahun depan, kami akan banyak mangambil alih atau take over beberapa hotel besar, baik sebagai pemegang saham maupun sebagai pemilik keseluruhan," tegasnya.

Di samping itu, lanjut alumnus Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah, itu, PHI Group juga sedang fokus menggarap beberapa taman wisata di antaranya di Lampung, Gunung Mas Puncak, Baturaden Purwokerto, Gunung Selok Cilacap, Selorejo Malang dan juga Megamendung Puncak.

"Rencananya, dalam waktu dekat akan mulai dibuka satu persatu. Selain itu PHI group juga melayani financial enginering buat para pemilkk hotel yang sedang kesulitan pendanaan," lanjutnya.

Menurut Donny, ekspansi secara agresif dan besar besaran ini membutuhkan banyak sekali tenaga terdidik sebagai bahan baku dan aset perusahaan ke depannya. "Kami memandang positif sekaki kerja sama strategis ini karena akan saling menguntungan semua pihak" tandas Pria enerjik yang hobi traveling itu.


Sempurnakan kurikulum


Universitas Muhammadiyah Karanganyar sendiri memiliki 10 program studi (prodi) yang terdiri atas: S1 Teknik Komputer, S1 Informatika, S1 Bisnis Digital, S1 Akuntansi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Fisioterapi, D3 Produksi Ternak, D3 Perhotelan, D3 Sekretari Digital dan D3 Bina Wisata. Hal ini yang mendorong UMUKA melakukan kerjasama strategis dengan Pihak PHI Group selaku dunia usaha.

"Umuka sangat terbuka untuk melakukan penyempurnaan ataupun pengkayaan kurikulum yang akan disesuaikan dengan kebutuhan manajemen perhotelan PHI Grup karena ini juga adalah salah satu implementasi Kampus Merdeka dan Merdeka  Belajar seperti yang dicanamgkan oleh pemerintah. Kami akan berusaha menyesuaikan dan berkolaborasi lebih erat di semua lini untuk lebih dekat dengan dunia usaha, sehingga pada saatnya nanti lulusan Umuka akan bisa tampil secara profesional dan berdaya saing tinggi di dunia kerja pada umumnya," tambah Rektor Samsuri.

Pada acara itu juga digelar tanya jawab serta dialog akrab antar-kedua belah lembaga. Mereka juga bersepekat akan membentuk tim khusus untuk membedah kurikulum yang sudah ada dengan dibantu oleh tenaga ahli perhotelan dari PHI Group.

Selain itu, dalam waktu dekat juga akan diadakan rapat teknis terkait banyak program yang akan bisa dikolaborasikan antara Umuka dengan PHI Group.

"PHI group selain akan menerima program magang dan juga menyerap tenaga siap pakai lulusan Umuka, juga berharap bisa dilakukan kolaborasi program persiapan kerja berbentuk sinkronisasi sistem antara ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan SOP manajemen perhotelan dan binawisata secara lebih detail. Materinya akan dibahas lebih lanjut dalam waktu dekat," tegas Donny Pur menutup paparan. (N-2)

Baca Juga

Dok. Panasonic

Dukung Gaya Hidup Sehat, Panasonic Lengkapi Hunian di SAVASA dengan Sistem Tata Udara Terintegrasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 20:47 WIB
Proyek seluas 37 hektar dengan total kapasitas sekitar 2.500 unit rumah itu mampu menampung sekitar 10.000 penduduk dan direncanakan akan...
Freepik.com

Redam Gejolak Ekonomi Global Tahun Depan, Pemerintah Diminta Bijak Gunakan Anggaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 20:31 WIB
Indef memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 berada pada kisaran 4,8%, jauh lebih rendah dari proyeksi pertumbuhan ekonomi...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Pemerintah Optimis Defisit Anggaran 2022 Di Bawah 3%

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 08 Desember 2022, 20:27 WIB
Di triwulan IV 2022 Kemenkeu memperkirakan defisit akan mengalami kenaikan. Ini karena adanya pola belanja anggaran yang tinggi di akhir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya