Kamis 27 Oktober 2022, 21:30 WIB

Menhub Dorong Pelaku Industri Maritim Aktif Atasi Perubahan Iklim

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Menhub Dorong Pelaku Industri Maritim Aktif Atasi Perubahan Iklim

MI/SUSANTO
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

 

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong pelaku industri maritim berperan aktif untuk mengatasi masalah perubahan iklim akibat pemanasan global. 

Hal ini disampaikan Menhub dalam konferensi internasional bertema “Shipping Decarbonization in Indonesia” yang diselenggarakan oleh Kemenko Bidang Maritim dan Investasi dan Otoritas Maritim Denmark, Kamis (27/10).

Baca juga: Maybank Indonesia Bukukan Laba Sebelum Pajak (PBT) Rp1,48 Triliun

“Sektor pelayaran internasional menyumbang sekitar dua hingga tiga persen dari emisi karbon rumah kaca secara global," ucapnya dalam rilis resmi. 

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan sejumlah regulasi tentang penerapan Green Ship Strategies, yang meliputi kewajiban penggunaan bahan bakar rendah sulfur maksimal 0,50% m/m, kewajiban penggunaan scrubber untuk kapal, menerapkan bahan bakar efisiensi energi mengurangi emisi karbon dioksida dan lainnya.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, secara bilateral, Indonesia bersama Denmark telah menunjukkan komitmennya untuk mengatasi isu perubahan iklim. Beberapa di antaranya ialah kedua negara terlibat dalam penyusunan kesepakatan bilateral dan regional untuk menjaga lingkungan laut dari kegiatan eksplorasi dan eksploitasi lepas pantai pada 2016. 

Kemudian di 2021, kedua negara telah memulai kerja sama dan terus konsisten melakukan upaya-upaya dekarbonisasi di sektor pelayaran.

“Saya berharap kerja sama Indonesia – Denmark dapat terus disinergikan dengan proyek jangka panjang International Maritime Organization (IMO) untuk mengurangi emisi karbon," tuturnya. 

IMO telah menargetkan pengurangan emisi karbon setidaknya 40% di 2030, dan mengurangi separuh total emisi gas rumah kaca pada 2050. 

Indonesia sebagai anggota IMO, memiliki posisi yang sangat strategis karena berada di jalur pelayaran internasional. Sehingga Indonesia memiliki tanggung jawab yang besar untuk menciptakan pelayaran dan lingkungan laut yang lebih hijau dan berkelanjutan. (OL-6)

Baca Juga

Isy

Tren Produk Makanan dan Minuman Korea Rambah Pasar Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 14:49 WIB
Selain makanan olahannya, bahan makanan yang diimpor dari Korea Selatan juga ramai beredar di pasar modern...
Ist

DEP National Convention Dorong Mitra Bergerak Cepat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 14:09 WIB
DEP Nascon kali ini mengambil tema "Let's Make Miracles" yang merupakan ajakan bagi seluruh mitra usaha DEP untuk...
Ist

Sandiaga Dorong Produk Ekraf RI Makin Dikonsumsi Selama Haji

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 14:04 WIB
Sandiaga Salahuddin Uno mendorong banyak produk-produk ekonomi kreatif (ekraf) Indonesia seperti fesyen dan kuliner dikonsumsi selama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya