Kamis 27 Oktober 2022, 17:05 WIB

Gandeng ESQ, Kemendag Launching Core Values BerAKHLAK

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Gandeng ESQ, Kemendag Launching Core Values BerAKHLAK

Dok.esq
Men PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian dan Mendag Zulkifli Hasan saat Launching Core Values ASN Ber AKHLAK.

 

MENTERI Perdagangan Zulkifli Hasan mengingatkan bahwa tujuan bekerja adalah harus memihak kepada rakyat. Hal itu dikatakannya saat  melaunching Core Values ASN BerAKHLAK di lingkup Kemendag secara hybrid di Gedung Utama Kemendag dan Zoom Meeting, Selasa (25/10) lalu.

Acara yang diikuti 3 ribu ASN melalui Zoom Meeting dan seluruh eselon 1 hingga 2 secara luring tersebut, dihadiri langsung oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, dan founder ESQ Group Ary Ginanjar.

Baca juga: ASN Harus Punya Cara Pandang dan Praktik Beragama Moderat

"Beberapa kali saya sudah sampaikan kepada eselon 1, kita sepakat bahwa negeri kita ini proses berbangsa dan bernegara ini dengan proses demokrasi. Sesungguhnya pemilik negeri ini adalah seluruh rakyat Indonesia. Sebab kedaulatan ada di rakyat itu," ujar Mendag.

"Agar mereka lebih makmur, lebih sejahtera dan lainnya. Sehingga seperti visi yang dicita-citakan bersama yaitu Indonesia Emas 2045 bisa terwujud. Oleh karena itu, kita sebagai pejabat pemerintah birokrasi sudah seperti mesin. Tapi dampaknya itu yang paling penting, berdampak kepada rakyat," lanjutnya.

Pada kesempatan sama, Ary Ginanjar dalam paparannya menyampaikan bahwa agar strategi dalam bekerja itu bisa memberikan dampak yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. "Artinya Pak Menteri punya visi misi yang harus diterapkan itu adalah target-targetnya. Serta punya misi yang harus terus dijalankan. Dan ada leaders yang akan menjalankan."

"Pak Menteri  punya strategi, struktur dan sistem, itu yang dijalankan. Lalu beliau mengelola SDM atau budaya kerja agar semuanya memberikan dampak kepuasan masyarakat akan pelayanan dari pejabat negara," lanjutnya.

Ary kemudian menyampaikan bahwa sebagai tindaklanjut telah dicanangkannya Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa oleh Presiden RI Joko Widodo pada 27 Juli 2021 lalu, Kemendag telah melakukan pengukuran AKHLAK Culture Health Index (ACHI) di lingkup Kemendag.

"Tujuan dilakukannya ACHI adalah untuk memberikan gambaran bagaimana kondisi budaya kerja di Kemendag sehingga hasil pengukuran tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam implementasi Core Values BerAKHLAK selanjutnya," pungkas Ary.

Sementara itu, Men PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa kehadirannya secara langsung dalam acara ini selain dalam kapasitas sebagai Menteri PANRB juga sebagai sahabat lama. Terkait launching Core Values ASN BerAKHLAK di Kemendag, menurutnya akan menjadi energi baru bagi para ASN.

“Kadang ada ASN tidak ngerti datang mau ngerjain apa. Setiap hari datang tapi tidak jelas target apa output dan outcome-nya," tegas Anas.

Sementara itu, Sekjen Kemedag Suhanto menyampaikan bahwa dari hasil pengukuran ACHI di Kemendag berada pada kategori B atau cukup sehat. Berdasarkan pengukuran hasil tersebut Kemendag memiliki high positive energy yang dapat mendukung pencapaian kinerja di organisasi yang efektif dan efisien.

"Kementerian Perdagangan juga telah memiliki DNA of Organization, yaitu organisasi yang memperhatikan professional yang tergambar pada perilaku pegawai dan budaya kerja sehari-hari," ungkapnya. (RO/A-1)

 

Baca Juga

Antara/Adeng Bustomi.

Pertimbangan dalam Beli Rumah untuk Kehidupan Jangka Panjang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 21:24 WIB
Tips berikutnya, usahakan untuk tidak terburu-buru saat membeli rumah. Terdapat banyak faktor yang harus...
Dok. Ist

Jamkrindo Kembali Salurkan Bantuan Sembako, Sarana Prasarana, dan Layanan Trauma Healing Di Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:38 WIB
Bantuan yang disalurkan pada Sabtu (03/12), merupakan bantuan tahap empat yang telah diberikan...
Ist

Produk Perlengkapan Bayi dari Polandia Hadir di Ajang IMBEX 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:10 WIB
Lionelo merupakan perusahaan perlengkapan bayi dari Polandia yang telah berhasil meraih kepercayaan banyak orangtua dari negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya