Kamis 27 Oktober 2022, 18:18 WIB

IPEX 2022 Jadi Wujud Optimisme Pengembang Properti Hadapi Tantangan Ekonomi Global

Mediaindonesia.com | Ekonomi
IPEX 2022 Jadi Wujud Optimisme Pengembang Properti Hadapi Tantangan Ekonomi Global

Dok. Pribadi
Pengumuman pelaksanaan Indonesia Property Expo 2022

 

MEMILIKI rumah idaman dengan harga yang terjangkau merupakan impian setiap orang. Dalam hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mengatasi kekurangan perumahan (backlog) dan mendorong masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah layak huni. 

Menjawab hal tersebut, Indonesia Properti Expo (IPEX) akan kembali digelar pada 19-27 November 2022 di JCC, Senayan, Jakarta. Resesi ekonomi yang diprediksi akan terjadi pada ekonomi global dinilai secara langsung tidak mempengaruhi permintaan terhadap properti residensial di pasar primary (primary market) karena rumah/hunian merupakan kebutuhan primer/utama manusia. 

Apalagi, beberapa statement yang keluar di media massa menginformasikan bahwa harga properti akan mengalami penurunan sejalan dengan dampak resesi global. Statement tersebut bisa jadi benar, namun hal tersebut kemungkinan mempengaruhi secondary market. 

Dalam hal ini, Investor yang kebanyakan adalah pebisnis, melepas harga properti/apartemen dengan harga di bawah pasaran, dengan tujuan mendapatkan uang cash untuk melindungi bisnis yang sedang dijalankan terkena efek resesi ekonomi global. Namun, harga properti pada pasar primary akan tetap pada harga sesuai pasar. 

“Pengembang properti tetap optimistis walau pasar properti mendapat banyak tekanan. Berbagai inovasi bisa dilakukan agar produk properti sesuai dengan kebutuhan dengan harga yang affordable.  Pameran properti seperti Indonesia Properti Expo bisa dijadikan ajang untuk menggenjot penjualan para pengembang dengan berbagai promo yang diberikan dan gimick menarik lainnya,” ujar Arvin Fibrianto Iskandar, Ketua DPD REI DKI Jakarta.

Keunggulan membeli rumah di tahun ini adalah karena tahun ini suku bunga belum naik secara signifikan. Bahkan ada beberapa bank yang masih memberi promo untuk transaksi di tahun ini. Kalau pada tahun 2023 kejadian yang diramalkan benar-benar terjadi, maka akan lebih sulit bagi calon pembeli untuk membeli rumah dengan cara KPR, karena bank akan lebih ketat dalam proses penyeleksian nasabah, serta bunga yang ditawarkan kemungkinan akan lebih tinggi karena dampak dari inflasi dan kenaikan suku bunga BI.

Baca juga : Home Credit Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan Masyarakat Indonesia

Untuk menyiasatinya, calon pembeli dapat PKS dengan bank di tahun ini dan mendapatkan suku bunga yang sesuai. 

Gelaran Indonesia Properti Expo 2022 sebagai bentuk dukungan dalam mendorong masyarakat untuk memiliki hunian melalui pameran yang diselenggarakan 3 kali dalam setahun. Indonesia Properti Expo menghadirkan 325 proyek properti dari seluruh Jabodetabek dan harga mulai dari Rp168 juta.

“Kami menargetkan Indonesia Properti Expo dikunjungi 55-60 pemgunjung. Kami optimis target tercapai karena Indoensia Properti Expo sangat dinanti masyarakat yang ingin memiliki rumah,” ujar Gad Permata, Vice President Adhouse Clarion Events.

Terlebih, pengembang yang ikut serta dalam perhelatan IPEX juga turut mendukung masyarakat dengan memberikan penawaran yang menarik selama pameran. 

Gad Permata menambahkan, jika bergabung di program IPEX Loyalty Member, pengguna akan dimanjakan dengan ILM Lounge yang menyediakan fasilitas yang mempermudah dalam mencari hunian yang diimpikan. 

"Selain itu, ILM lounge menyediakan staff Loyalty Assistant yang akan membantu Anda dalam mencari hunian sesuai dengan spesifikasi, budget, serta lokasi yang Anda inginkan. Staff kami akan siap membantu Anda mempertemukan Anda dengan pengembang proyek yang Anda inginkan," ujarnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Pengurus Nasional Fordebi: Pengawasan Koperasi oleh OJK Tidak Tepat 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 14:44 WIB
Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (Fordebi) menyikapi RUU PPSK) dan menyampaikan pendapat bahwa tidak tepat pengaturan KSP ke...
Ist

Pelaku Koperasi Sampaikan Surat Terbuka pada Presiden Jokowi Soal RUU PPSK

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 14:30 WIB
Para pelaku koperasi meminta agar Presiden Joko Widodo memerintahkan menteri atau kepala lembaga terkait untuk mencabut...
Antara

610 Ribu Ton Beras Siap Diserap Bulog

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 14:27 WIB
Kementerian Pertanian menyampaikan informasi sebanyak 610.632 ton beras di penggilingan 24 provinsi Indonesia tersedia dan siap untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya