Rabu 28 September 2022, 19:30 WIB

Penting, Menjaga Kesehatan Finansial Keluarga Jelang Akhir Tahun

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Penting, Menjaga Kesehatan Finansial Keluarga Jelang Akhir Tahun

Dok.shopee
ilustrasi

 

SEPTEMBER akan segera berakhir. Artinya tinggal tiga bulan kita akan meninggalkan 2022 dan memasuki tahun baru. Berbagai tantangan sudah dilalui dan berbagai resolusi pun mungkin sudah dapat direalisasikan bersama sepanjang tahun ini.

Jelang akhir tahun pun jadi momen yang tepat untuk melihat kembali kesiapan menyambut tahun selanjutnya baik dalam aspek personal, hingga finansial. Sebagai menteri keuangan keluarga, detail mengenai kesehatan finansial keluarga tentu menjadi salah satu perhatian. Jika sudah mulai melakukan pengelolaan keuangan atau baru akan memulai untuk dijalankan pada tahun depan, tidak ada salahnya untuk mengecek kembali beberapa tips berikut agar manajemen finansial keluarga tetap sehat dalam jangka panjang.  

Baca juga: Ini Tips Mengelola Keuangan Keluarga dari Pasangan Indra Brasco ...

Pertama, evaluasi skema anggaran keluarga. Hal ini penting untuk memberikan lebih banyak kemudahan untuk mengkaji perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran dalam satu periode tertentu, misalnya periode mingguan atau bulanan. Biasanya, pengeluaran rutin dapat kita petakan dalam beberapa variabel utama, seperti biaya perumahan, air & listrik, transportasi, pendidikan, serta grosir atau kebutuhan belanja kebutuhan primer.

Kemudian cek juga persentase tabungan dan buat proyeksi.  Dalam mengelola keuangan, aspek kebutuhan jangka panjang menjadi salah satu komponen penting yang perlu dipertimbangkan. Selain menyusun persentase pengeluaran rutin dengan mawas dan rinci, mengalokasikan sebagian pendapatan untuk menabung juga patut dilakukan.

Banyak yang berpikir bahwa perencanaan keuangan hanya berkutat dengan memetakan pengeluaran dan perbanyak menabung. Padahal, banyak hal yang dapat dipahami lebih mendalam jika mempelajari perencanaan keuangan, seperti menyusun tujuan finansial, mengantisipasi risiko keuangan, hingga eksplorasi instrumen investasi untuk menambah pendapatan pasif.

Keempat mulai adopsi platform digital. Dengan zaman yang terus berubah dan teknologi pun semakin berkembang untuk mempermudah gaya hidup, termasuk dalam mengelola keuangan dengan lebih efisien. Sebagai bagian dari resolusi keuangan, tidak ada salahnya untuk mulai mengintegrasikan platform digital yang relevan dengan kebutuhan keuangan keluarga.  Salah satu platform digital yang mungkin dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal tentu saja fitur e-wallet atau dompet digital. Saat ini, dompet digital bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk berbelanja online atau pembayaran di merchant via QRIS; namun juga semakin berkembang untuk berbagai kebutuhan transaksi digital lainnya. ShopeePay misalnya, kini memiliki fitur Transfer ShopeePay yang memungkinkan transfer antar wallet ShopeePay dan ke semua rekening bank secara gratis tanpa biaya admin dan bebas kuota harian. Langsung dari aplikasi Shopee, transfer dengan ShopeePay pun real time atau langsung sampai. Selain menghemat biaya admin, juga tidak perlu repot berpindah-pindah aplikasi, atau harus mengunjungi ATM.

Inilah beberapa tips yang dapat dijalankan untuk kesehatan keuangan keluarga yang lebih baik jelang akhir tahun. Unduh aplikasi Shopee secara gratis via App Store atau Google Play, aktifkan ShopeePay, dan upgrade ke ShopeePay Plus untuk menikmati berbagai benefit tambahan, seperti limit saldo lebih besar, promo spesial, serta  fitur Transfer ShopeePay yang memberikan kemudahan Transfer Ke Mana Pun. (RO/A-1)

 

Baca Juga

Ist

Astra Land Indonesia Hadirkan Hunian Eco-Green di Cikupa

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:42 WIB
Sebagai kawasan yang terus berkembang, Cikupa tidak hanya menyediakan area bisnis, namun juga memberikan kesempatan untuk pengembangan...
Dok. Bea Cukai

Tambah Satu PLB Baru, Bea Cukai Dorong Percepatan Arus Logistik di Jawa Timur

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 19:36 WIB
Kepala Kanwil Bea Cukai Jatim I, Untung Basuki mengatakan, fasilitas tersebut diberikan untuk mendukung kegiatan usaha, agar pelaku...
Dok. bea Cukai

Bea Cukai Lepas Dua Ekspor Perdana Komoditas Damar Ke Pasar India

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 19:33 WIB
Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan, dua ekspor perdana ini cukup istimewa, karena dilaksanakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya