Kamis 25 Agustus 2022, 20:04 WIB

Sandiaga Imbau Masyarakat Waspadai Penipuan Bantuan Hibah Pariwisata

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga Imbau Masyarakat Waspadai Penipuan Bantuan Hibah Pariwisata

ANTARA FOTO/Rony Muharrman
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau ke pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mewaspadai modus penipuan bantuan hibah pariwisata.

Kegiatan Sosialisasi Penerimaan dan Pengelolaan Dana Hibah & Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2022 ditegaskan Sandiaga bukan merupakan program kegiatan Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Lalu, nama Hana Saraswati yang mengatasnamakan Deputi Bidang Kebijakan Strategis bukan merupakan pegawai Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ataupun terafiliasi dengan Kemenparekraf.

"Telah beredar banyak penyebaran pengumuman kegiatan Sosialisasi Penerimaan dan Pengelolaan Dana Hibah & BIP 2022. Ini hoaks, dan Hana bukan pegawai Kemenparekraf," kata Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (25/8).

Sandiaga menegaskan “Sosialisasi Penerimaan dan Pengelolaan Dana Hibah & BIP 2022” yang tertera pada undangan tersebut yang mengatasnamakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan tindak penipuan yang merugikan banyak pihak.

"Saya tegaskan bahwa program Dana Hibah Pariwisata untuk 2022 sebagaimana modus penipuan tersebut hanya berjalan untuk tahun 2020 dengan realisasi di 2021,” kata Sandiaga.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Nia Niscaya mengimbau agar masyarakat untuk mewaspadai modus penipuan serupa dan bisa melakukan pengecekan ke kanal-kanal resmi atau media sosial milik Kemenparekraf di Instagram @kemenparekraf.ri atau menghubungi whatsapp contact center Kemenparekraf di +62 811-8956-767. “Hoaks ini telah menimbulkan kerugian di berbagai pihak. Oleh karenanya, saya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai modus penipuan serupa," tambahnya.

Masyarakat juga diminta melakukan pengecekan di laman resmi Kemenparekraf, sehingga mencegah terjadinya hal serupa di kemudian hari.

Sebagai informasi, penipuan undangan Penerima Dana Hibah dan BIP tersebut mengatasnamakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dikirimkan melalui email dengan keterangan "Sosialisasi Penerimaan dan Pengelolaan Dana Hibah Pariwisata dan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) tahun 2022" yang akan digelar pada 22 – 23 Agustus 2022, di Balairung Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf.

Dalam surat itu juga menyertakan syarat pendaftaran dan teknis penyelenggaraan kepada para undangan, serta menyertakan kontak koordinator atas nama Drs. H. Sofyan Syarief, M.Si dan Drs. H. Usman Syarief, M.Si.

Pelaku juga meminta kepada setiap peserta untuk menggunakan jasa travel yang ditunjuk penyelenggara sebagai rekanan Kemenparekraf untuk proses keberangkatan ke Jakarta. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Pakar ITB: Zat Pewarna Tidak Pengaruhi Kualitas Pertalite

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 10:56 WIB
Dugaan bahwa kualitas Pertalite sekarang menurun dan lebih boros, menurut pakar mesin ITB, juga lebih merupakan penilaian subjektif....
Antara

Presiden: Start Up Harus Ambil Peluang dari Krisis Pangan

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 26 September 2022, 10:55 WIB
Krisis pangan dunia harus menjadi momentum bagi para pelaku usaha di Tanah Air, terutama yang bergerak di sektor start up, untuk bertumbuh...
Ist

Program JKP BPJS Ketenagakerjaaan Pertahankan Hidup Layak Pekerja

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 10:48 WIB
Filosofi Program JKP bertujuan untuk mempertahankan kehidupan yang layak bagi pekerja saat kehilangan pekerjaan hingga bisa bekerja...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya