Jumat 05 Agustus 2022, 19:42 WIB

PLN Bangun Transmisi Antarpulau Pertama di Sulawesi

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
PLN Bangun Transmisi Antarpulau Pertama di Sulawesi

PLN
Ilustrasi

 

PT PLN (Persero) membangun transmisi antar pulau pertama di Sulawesi, yakni jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt (kV) Raha–Baubau.

Pembangunan jaringan ini untuk meningkatkan keandalan listrik Pulau Muna melalui jaringan yang menghubungkan Pulau Buton dan Pulau Muna di Sulawesi Tenggara.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Defiar Anis mengatakan, pihaknya menggandeng Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Baubau dan Distrik Navigasi Kelas III Kendari untuk mendukung proyek itu.

“Sinergi terus dilakukan PLN dalam penyelesaian pembangunan SUTT 150 kV Raha-Baubau," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (5/8).

Khusus untuk jaringan yang melintasi laut di perairan Selat Buton, PLN berkolaborasi dengan KSOP Kelas II Baubau dan Distrik Navigasi Kelas III Kendari dalam melakukan survey untuk pengurusan izin melintas laut.

Defiar melanjutkan, pada pembangunan jaringan SUTT 150 kV Raha-Baubau akan dibangun sebanyak 278 tower yang terbagi atas 2 section, yaitu section 1 (GI Raha - TIP 141) dan section 2 (TIP 141 – GI Baubau). Khusus untuk section 2 pada TIP 231-232 akan melintasi laut yang merupakan jalur utama transportasi perairan.

Kepala Seksi Operasi Distrik Navigasi Kelas III Kendari Kamaluddin Latumanggi menerangkan, pihaknya melakukan survei gabungan dengan PLN dengan mengambil titik koordinat as tower penyeberangan tersebut.

"Ini disertai dengan pengukuran pasang surut air laut sebagai pertimbangan teknis dan rekomendasi dalam penerbitan izin melintas laut," terangnya.

Secara keseluruhan  progres untuk pekerjaan SUTT 150 kV Raha-Baubau sudah mencapai 73,31 persen. Segala upaya terus dilakukan PLN demi percepatan penyelesaian proyek jaringan transmisi 150 kV antar pulau pertama yang ada di Sulawesi. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Digitalisasi Pengadaan Barang dan Jasa Efektif Cegah Korupsi

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 15:39 WIB
Program digitalisasi pengadaan barang dan jasa oleh LKPP dinilai efektif mencegah tindakan korupsi di lingkungan kementerian/lembaga dan...
Dok PLN

PLN Kembangkan Destinasi Wisata Lombok Timur yang Berada di Bawah Jalur SUTT

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 15:29 WIB
"Daerah wisata ini menunjukkan infrastruktur listrik PLN tidak menjadi hambatan dalam pembangunan...
MI/SUSANTO

Ekonom: Kemungkinan BI Naikkan Suku Bunga Sampai Akhir Tahun Sangat Kecil

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:55 WIB
Faisal menambahkan bahwa pada bulan depan atau Agustus 2022, BI pun diprediksi masih menahan suku bunga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya