Senin 25 Juli 2022, 16:26 WIB

Kadin Papua Jajaki Kerja Sama Proyek Air Bersih di Papua dengan Hungaria

mediaindonesia.com | Ekonomi
 

KETUA Kadin Papua Ronald Antonio Bonai mengunjungi  Dubes Hungaria untuk RI Lilla Karsay di kantornya, di Jalan Rasuna Said, Jumat (22/7).  Kunjungan Ketua Kadin Papua tersebut bertujuan mempromosikan potensi investasi, perdagangan, dan pariwisata khususnya di wilayah Papua. 

Indonesia dan Hungaria sudah menjalin hubungan diplomatik selama lebih dari 65 tahun. Negara Hungaria sejak 1999 merupakan anggota NATO dan sejak 2004 menjadi anggota Uni Eropa, dengan sumber ekonomi utama berasal dari ekspor dan industri pemrosesan makanan, farmasi, kendaraan bermotor, teknologi informasi, bahan kimia, metalurgi, alat mesin, barang elektronik, dan pariwisata.

“Hungaria sudah membangun 36 proyek pengadaan sumber air bersih yang dilakukan di Indonesia bagian Timur pada 2016-2019,” ujar Lilla Karsay. 

Hal tersebut langsung disambut baik oleh Ronald yang sedang mencari solusi air bersih untuk masyarakat Papua. 

Ronald yang terpilih sebagai Ketua Umum Kadin Provinsi Papua Masa Bakti 2021 - 2026, paham betul pentingnya akses dan ketersediaan sumber air bersih di daerah perkotaan dan perdesaan yang tumbuh sangat pesat. Ronald percaya ketersediaan sumber air bersih  sebagai salah satu cara untuk memutuskan mata rantai kemiskinan. 

“Papua merupakan penghasil sagu terbesar di Indonesia dan air bersih menjadi salah satu kunci keberhasilan untuk produksi sagu menjadi sumber makanan pokok masyarakat setempat maupun untuk tujuan ekspor,” ujar Ronald.

“Sagu memiliki sumber nutrisi yang penting seperti protein, lemak, serat, Zinc dan juga bebas gluten yang sanggat baik untuk kesehatan,” lanjutnya.

“Kami ingin bekerja sama dengan Hungaria dalam pembangunan proyek pengadaan air bersih di Papua. Kami akan siapkan segala informasi yang diperlukan untuk dapat dibuatkan studi kelayakannya agar proyek tersebut dapat segera direalisasikan,” ujar Ronald.

Pertemuan ini juga dihadiri Ketua Komite Eropa Tengah Sulaiman R Saleh dan WKU Bidang Teknologi Informasi dan Ristek Kadin Papua Jarod Yudo. (RO/OL-10)

Baca Juga

Ist

TNI AD Tingkatkan Ketahanan Pangan Bersama Kepala BPIP 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:15 WIB
TNI Angkatan Darat menanam jagung di lahan milik PTPN seluas 1.140 hektare di Kampung Cibinong, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten...
Dok.Bank DKI

Aktif Digitalisasi Pasar, Bank DKI dan Perwakilan BI Jakarta Pantau Penerapan QRIS Di Pasar

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:53 WIB
Transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI tumbuh 29,42% (yoy) menjadi 477.262 dibanding periode Juli 2021 sebesar...
Dok. SRC

Tingkatkan Daya Saing UMKM, Sampoerna Gencarkan Pembinaan dan Digitalisasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:59 WIB
Menurut Teten, sebanyak 19 juta UMKM telah melakukan on-boarding digital hingga Mei 2022 dan diharapkan akan terus tumbuh mencapai 30 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya