Rabu 13 Juli 2022, 23:42 WIB

Pemerintah Yakin Penyaluran KUR Tahun Ini Capai Target

Ficky Ramadhan | Ekonomi
Pemerintah Yakin Penyaluran KUR Tahun Ini Capai Target

Antara
Pekerja memproduksi gula merah di Desa Cendono, Dawe, Kudus, Jawa Tengah.

 

PEMERINTAH optimis penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dapat memenuhi target pada tahun ini. KUR merupakan program yang diusung pemerintah untuk membantu pembiayaan modal kerja para pelaku UMKM.

Sesmenkop UKM Arif Rahman Hakim mengungkapkan bahwa realisasi KUR saat ini sudah sesuai target. Pihaknya juga optimis penyaluran KUR pada 2022 ini bisa tercapai.

Baca juga: Presiden Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Platform Daring

"Realisasi KUR sampai saat ini sebesar Rp186,99 triliun (50,11% dari target Rp373,17 triliun). Sudah on the track sampai 12 Juli 2022," ungkap Arif saat dihubungi, Rabu (13/7).

Arif menambahkan bahwa pemerintah saat ini berupaya mempercepat penyaluran KUR untuk pelaku UMKM, agar sesuai target pada 2022. "Melalui strategi percepatan penyaluran KUR, dengan meningkatkan koordinasi dan mendorong penyaluran KUR berbasis kluster," imbuhnya.

Baca juga: Himbara Diminta Maksimalkan Pemberian Kredit UMKM

Diketahui, Presiden Joko Widodo mengajak pelaku UMKM di Tanah Air untuk memanfaatkan program KUR secara maksimal. Pasalnya, realisasi KUR hingga pertengahan 2022 baru sebesar 49% dari total anggaran yang disiapkan, yaitu Rp373 triliun.

Ketua Assosiasi IUMKM Indonesia Hermawati Setyorinny menyarankan pemerintah agar lebih menggencarkan soialisasi terkait program KUR, agar target penyaluran tahun ini bisa tercapai.

"Pemerintah harus lebih sering melakukan sosialisasi dan bisa bersinergi dengan asosiasi atau organisasi yang menaungi UMKM," pungkas Hermawati.(OL-11)


 

Baca Juga

Antara-HO-Tokopedia

Pendapatan Pelaku Industri Gim Lokal Terbanyak Berasal dari Ekspor

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 08:09 WIB
Presiden Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno menyebutkan pendapatan pelaku industri gim lokal saat ini paling banyak berasal dari...
Antara

OJK dan Menko Polhukam Perkuat Kerja Sama Penegakan Hukum di Sektor Jasa Keuangan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:45 WIB
Anggota Dewan Komisioner (ADK) OJK bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD untuk...
Dok.YPTI

Kominfo Dorong UMKM Disabilitas Terlibat di Ekonomi Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:35 WIB
Ketua Yayasan Perempuan Tangguh Indnesia Myra Winarko mengapresiasi langkah Kominfo yang memberi kesempatan sebesar-besarnya kepada pelaku...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya