Rabu 06 Juli 2022, 10:06 WIB

Atasi Masalah Ubin Pecah dan Kopong, Aquaproof Hadirkan Superfix dan Supergrout A+

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Atasi Masalah Ubin Pecah dan Kopong, Aquaproof Hadirkan Superfix dan Supergrout A+

Dok. Aquaproof
Ilustrasi aplikasi Superfix dan Supergrout A+

 

UBIN merupakan campuran pasir, semen, dan sebagainya yang dipakai untuk lantai atau dinding; biasanya dibuat berbentuk persegi empat dan persegi panjang. Ubin juga sering disebut tegel, umumnya ubin dapat dengan mudah ditemukan di berbagai area rumah seperti kamar mandi, ruang tamu, dapur, kamar, teras, dan lain-lain.

Ubin menjadi salah satu faktor penting di rumah yang berfungsi untuk melindungi permukaan dan mempercantik rumah. Namun ada beberapa kasus yang kerap terjadi pada ubin seperti ubin pecah, menggelembung, terangkat, retak dan kopong.

Lantai ubin yang terangkat juga dikenal dengan istilah popping. Lantai ubin terangkat (popping) akan rentan pecah apabila tidak sengaja terinjak dan bisa membahayakan penghuni rumah terutama anak kecil. 

Penyebab lantai ubin pecah, diantaranya pengurangan kandungan pada perekat semen yang telah dicampur (semen, pasir, dan air) sehingga perekat ubin mengalami penyusutan; campuran perekat (semen, pasir, dan air) yang tidak merata menyebabkan ada bagian bawah lantai yang kosong sehingga terdapat udara yang terjebak dan ketika mengalami pemuaian akan mendorong ubin ke atas.

Kemudian, beban berat pada lantai yang membuat salah satu bagian ubin lebih turun atau tidak merata; pergerakan mikro seperti rumah-rumah yang terletak di pinggiran jalan raya, atau pinggiran rel kereta mengalami getaran akibat lalu lalang kendaraan dapat mempengaruhi bagian-bagian bangunan termasuk ubin; dan pemilihan bahan yang kurang berkualitas, baik pada jenis ubin dan perekat ubin.

Melindungi ubin dari pecah, menggelembung, terangkat, retak, dan kopong, Aquaproof memiliki lini produk Superfix yang merekatkan jauh lebih kuat dibanding semen biasa atau semen instan lainnya. 

"Jadi cukup dengan Superfix bisa merekatkan berbagai ubin, keramik, marmer, porselen, homogeneous tile (HT) atau mosaik pada dinding maupun lantai, baik di dalam maupun luar ruangan. Tukang ataupun pemilik rumah tidak perlu repot mencari bahan perekat ubin lainnya, karena Superfix multifungsi untuk segala jenis ubin," kata Handi Wijaya, Product Manager PT. Adhi Cakra Utama Mulia. dalam keterangannya.

Baca juga : CSAP Terus Mengembangkan Mitra 10

Superfix juga diformulasikan dengan Thin Set Technology, cukup lapisan tipis Superfix 2-3 mm dapat merekatkan ubin jauh lebih kuat. Selain itu, Superfix juga sangat cocok untuk pengerjaan keramik di atas keramik (tile on tile) tanpa membongkar keramik lama sehingga renovasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Setelah proses pemasangan ubin, langkah selanjutnya yang diperlukan yaitu pengisian nat menggunakan Supergrout A+. Berbeda dengan pengisi nat pada umumnya, Supergrout A+ diformulasikan dengan Polymerized Acid Resistant Technology yang membuat hasil nat Supergrout A+ menjadi tahan asam termasuk asam cairan pembersih dan asam kimiawi lainnya, serta nat tidak mudah terkikis. 

"Selain itu penggunaan Supergrout A+ terutama pada kamar mandi dan dapur akan membuat nat mudah dibersihkan, anti jamur dan lumut, juga tidak retak, tidak menyusut, daya lekat kuat, dan warna tahan lama," jelas Handi.

Supergrout A+ memiliki 7 varian warna yang dapat disesuaikan dengan jenis dan warna ubin yang dipasang.

Cara Mudah Mengatasi Lantai Ubin Terangkat dengan Superfix dan Supergrout A+

  1. Bersihkan permukaan yang akan dilapisi dari lumut, jamur, minyak dan kotoran lain.
  2. Tuangkan Superfix ke dalam air bersih dengan perbandingan berat Superfix : Air = 5:1 kemudian aduk sampai rata hingga berbentuk pasta dan tidak ada lagi gumpalan. Superfix yang sudah dicampur hanya bisa digunakan 3 jam setelah pen campuran.
  3. Oleskan pasta Superfix dengan scrape atau trowel yang bergerigi ke lantai atau dinding yang akan dilapisi keramik baru. Gunakan trowel dengan ukuran gigi 6 x 6 mm sampai dengan 10 x 10 mm. Setiap kali pelapisan, luas olesan pasta maksi- mal 1 m2. Hal tersebut untuk menghindari pasta mengering sebelum keramik ditempelkan.
  4. Tempelkan keramik pada lapisan Superfix maksimal 10 menit sejak dioleskan. Tekan secara perlahan. Ketuk-ketuk keramik dengan palu karet agar pasta Superfix merata pada seluruh permukaan. Tebal lapisan yang didapat ± 2-3 mm. Setelah 24 jam, bisa dilakukan pengisian nat dengan Supergrout A+.
  5. Bersihkan nat (celah antar keramik) dari sisa semen
  6. Aduk Supergrout A+ dengan air (Supergrout A+ : Air = 3:1) hingga merata
  7. Tuang adukan Supergrout A+ ke atas nat, paksakan Supergrout A+ masuk ke dalam nat menggunakan roskam karet
  8. Bersihkan sisa Supergrout A+ dengan menggunakan lap basah
  9. Rapihkan dengan menggunakan grout finisher. 

Handi menegaskan, kombinasi perekat ubin Superfix dan pengisi nat Supergrout A+ adalah pilihan yang tepat mengatasi permasalahan ubin, terutama ubin pecah dan terangkat (popping)

Superfix sudah tersedia di pasaran dengan kemasan 25 kg, dan Supergrout tersedia dengan ukuran kemasan 1 kg. Penggunaan kedua produk itu, lanjut Handi, sangat dianjurkan dari awal pembangunan rumah agar lantai atau dinding dengan ubin terlindungi serta dapat meningkatkan estetika rumah. 

"Produk ini juga sangat mendukung untuk renovasi yang menginginkan pengerjaan cepat dan mudah, karena Superfix bisa diaplikasikan tile on tile. Kedua produk ini sudah tersedia di berbagai toko bangunan, modern outlet khusus bangunan maupun toko online di Aquaproof Official dalam marketplace favorit Anda.” pungkas Handi. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Reno Esnir.

Pengertian Reklame, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Contoh

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 17:24 WIB
Secara umum, reklame adalah suatu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara singkat kepada banyak orang secara...
MI/Rendy Ferdiansyah

Luhut: Minggu Depan Presiden Umumkan Penaikan Harga BBM

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 17:23 WIB
Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan kuliah umum di Universitas...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Inflasi Diperkirakan Masih Terkendali Hingga Akhir Tahun

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 16:01 WIB
Faisal mendasarkan pandangannya pada analisis sektor eksternal akan tetap tangguh meskipun masih ada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya