Minggu 03 Juli 2022, 17:08 WIB

Pengiriman Tesla Anjlok akibat Penutupan Sementara Pabrik di Tiongkok

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pengiriman Tesla Anjlok akibat Penutupan Sementara Pabrik di Tiongkok

AFP/Chris Delmas.
Foto yang diambil pada 14 Mei 2022, mobil Tesla parkir di stasiun pengisian di Yermo, California, AS.

 

PENGIRIMAN kendaraan listrik Tesla turun pada kuartal kedua dibandingkan dengan sebelumnya. Ini terutama terjadi karena penutupan pabriknya selama berminggu-minggu di Tiongkok.

Perusahaan Elon Musk itu mengirimkan 254.695 kendaraan dari April hingga Juni. Ini disampaikan perusahaan tersebut dalam suatu pernyataan, Sabtu (2/7).

Angka itu 27% lebih banyak dari periode yang sama tahun lalu. Namun raihan itu turun 18% dari kuartal Januari-Maret 2022 dan penurunan pertama dalam lebih dari dua tahun.

Hal itu mendatangkan kekecewaan bagi perusahaan yang mengatakan sedang membukukan pertumbuhan kuat. Bahkan manajemen menggembar-gemborkan pembukaan dua pabrik baru tahun ini di Jerman dan Texas.

Penurunan pengiriman lebih besar dari yang diantisipasi oleh para analis yang memperkirakan 264.000 kendaraan akan diserahkan kepada pembeli, menurut FactSet, perusahaan data keuangan dan perangkat lunak. Tesla memperingatkan pada April bahwa gangguan rantai pasokan yang menghantam industri otomotif secara umum akan terus mengganggu produksi perusahaan hingga akhir tahun.

Namun, itu menghasilkan rekor jumlah mobil pada kuartal pertama 2022. Sayangnya pada kuartal kedua Tesla harus bergulat dengan penutupan pabriknya di Shanghai selama beberapa minggu karena tindakan penguncian yang ketat di Tiongkok karena lonjakan kasus covid-19.

Baca juga: Bank Dunia Bentuk Dana Investasi untuk Hadapi Pandemi

Dalam pernyataannya pada Sabtu, perusahaan mengatakan memproduksi 258.000 kendaraan pada kuartal kedua, "Terlepas dari tantangan rantai pasokan yang sedang berlangsung dan penutupan pabrik di luar kendali kami." Dikatakan juga Juni ialah bulan produksi kendaraan tertinggi dalam sejarah Tesla.

Di tempat lain di industri sejenis, General Motors dan Toyota melihat penjualan kuartal kedua mereka di Amerika Serikat masing-masing turun 15% dan 23%. Pencapaian itu dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist

CreaVid Competition untuk Mendukung Industri Kreatif di Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:29 WIB
Lewat kreasi generasi milenial ini, publik diharapkan bisa lebih paham tentang investasi keuangan, agar masyarakat tidak mudah terpedaya...
Dok. Pribadi

Karya Desainer dan Arsitek Indonesia Ikut Warnai Pembangunan Bangsa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:47 WIB
Saat ini Karya Cipta para ahli Indonesia telah mencapai hasil desain yang cukup tinggi dan makin berkualitas dengan dukungan teknologi...
Antara

Erick Sebut Restrukturisasi Garuda Berjalan On The Track

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:31 WIB
Menteri BUMN juga meminta Garuda Indonesia untuk memperbaiki kinerja perseroan. Serta, meninggalkan pola lama tidak sehat, yang merugikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya