Minggu 03 Juli 2022, 16:46 WIB

Insav Festival Diharapkan Cerdaskan Masyarakat Tangkal Investasi Bodong

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Insav Festival Diharapkan Cerdaskan Masyarakat Tangkal Investasi Bodong

MI/Adam Dwi.
Anggota Komisi XI DPR Anis Byarwati.

 

INDONESIA Sharia Invesment Festival (Insav Festival) yang berlangsung Minggu (3/7) dinilai sebagai upaya penguatan mutu preferensi masyarakat dalam keterlibatan membangun ekonomi syariah di tengah menghadapi berbagai tantangan dunia investasi. Maklum, Indonesia memiliki potensi pangsa pasar ekonomi syariah begitu besar.

Namun anggota Komisi XI DPR Anis Byarwati mengingatkan maraknya penipuan berkedok investasi yang terjadi belakangan ini membuat ia khawatir hal demikian juga bisa terjadi di sektor keuangan dan ekonomi syariah. 

"Penipuan berkedok investasi memakan korban yang tidak sedikit jumlahnya. Sebut saja mulai affiliate investasi, robot trading, hingga masalah produk asuransi gagal bayar," katanya dalam keterangan tertulis. 

Karena itu, tambahnya, perlu dilakukan upaya-upaya peningkatkan pemahaman masyarakat secara masif terkait investasi, terutama investasi syariah. 

Baca juga: Bank Dunia Bentuk Dana Investasi untuk Hadapi Pandemi

"Tentu kita tidak ingin sebagaimana hal buruk tersebut menimpa ekosistem ekonomi syariah. Dengan demikian, hadirnya event Insav Festival 2022 merupakan bagian dari edukasi peguatan terhadap literasi masyarakat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia," tuturnya. 

Anis merasa yakin, bila pemahaman masyarakat mengenai investasi, khususnya sektor syariah, dapat teredukasi dengan baik, upaya penipuan dapat diminimalisasi. "Kami percaya, jika masyarakat teredukasi dengan baik, tindak kejahatan ataupun penipuan pada sektor investasi syariah dapat dilakukan mitigasi dan pertumbuhan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia dapat berjalan secara kondusif," katanya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Dosen UGM: Transformasi BUMN oleh Erick Thohir Dinilai Berhasil

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:07 WIB
Pertamina berhasil masuk 500 perusahaan terbesar dunia berdasarkan pendapatannya dalam satu tahun...
Dok. Pribadi

Mengenal Sosok Pencetus Ide Kreatif Iklan Brand Besar di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:18 WIB
Jessica Kartika merupakan founder dari JJ INDONESIA (Group) yang terdiri dari Whizzup Digital Indonesia, JJ Communications, JJ Promotion...
Ist

BRI Dorong Para Talenta Muda Jadi Profesional Kompeten

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:46 WIB
Program BRILiaN Young Leader Indonesia (BYLI), pengembangan bagi pekerja Insan BRILiaN muda terpilih yang memberikan akselerasi karier,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya