Kamis 30 Juni 2022, 19:19 WIB

Inflasi Prancis Melonjak ke Tingkat Tertinggi sejak 1991

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Inflasi Prancis Melonjak ke Tingkat Tertinggi sejak 1991

AFP/Nicolas Tucat.
Anak-anak makan siang di kantin sekolah dasar di Saint-Remy-de-Provence, Prancis selatan, pada 23 Juni 2022.

 

INFLASI Prancis pada Juni melaju ke level tertinggi setidaknya sejak 1991. Ini karena biaya makanan dan energi telah melonjak sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Harga konsumen melonjak 5,8% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu. Ini disumbangkan harga energi melonjak 33,1% dan makanan naik 5,7%. Badan statistik Insee mengatakan itu dalam rilis awal, Kamis (30/6).

Kenaikan harga mencapai 6,5% bila diukur dengan menggunakan Indeks Harmonisasi Harga Konsumen. Ini merupakan tolok ukur pilihan Bank Sentral Eropa yang bertugas memeriksa inflasi di 19 negara zona euro.

Meskipun ada peningkatan, "Data ini mungkin salah satu indikasi pertama bahwa kita mendekati puncak inflasi," di Prancis, kata analis ING Charlotte de Montpellier. Dia menambahkan bahwa pertumbuhan harga akan mulai melambat pada akhir 2022 karena harga energi stabil dan ekonomi melambat dari rebound tajam covid-19.

Namun parlemen yang terbagi secara politik mungkin berjuang untuk mempertahankan dukungan kepada rumah tangga yang telah menjaga inflasi lebih rendah daripada di negara-negara Eropa lain. Di seluruh blok mata uang itu, harga konsumen naik 8,1% di Mei, jauh lebih tinggi dari target ECB 2%.

Baca juga: Ekonomi Vietnam Kuartal II Tumbuh Tercepat selama 11 Tahun

Inflasi telah melonjak sejak invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina, yang telah menarik sanksi Barat yang belum pernah terjadi--termasuk pada beberapa ekspor energinya dan blokade pasokan biji-bijian Ukraina untuk mencapai pasar dunia.

Para pemimpin dunia berebut untuk membuka blokade pengiriman makanan dan menemukan sumber energi alternatif. Bank sentral pun harus mengejar mandat memerangi inflasi mereka.

Mengelola jumlah uang beredar saat ini, "Bukanlah ilmu," kata kepala ECB Christine Lagarde pada konferensi bank sentral di Portugal pada Rabu. "Yang kami lakukan di sana ialah unsur seni." (AFP/OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Dosen UGM: Transformasi BUMN oleh Erick Thohir Dinilai Berhasil

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:07 WIB
Pertamina berhasil masuk 500 perusahaan terbesar dunia berdasarkan pendapatannya dalam satu tahun...
Dok. Pribadi

Mengenal Sosok Pencetus Ide Kreatif Iklan Brand Besar di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:18 WIB
Jessica Kartika merupakan founder dari JJ INDONESIA (Group) yang terdiri dari Whizzup Digital Indonesia, JJ Communications, JJ Promotion...
Ist

BRI Dorong Para Talenta Muda Jadi Profesional Kompeten

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:46 WIB
Program BRILiaN Young Leader Indonesia (BYLI), pengembangan bagi pekerja Insan BRILiaN muda terpilih yang memberikan akselerasi karier,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya