Senin 27 Juni 2022, 16:20 WIB

BI Sebut Inflasi 2022 Bakal Lewati Batas Atas atau Capai 4%

Despian Nurhidayat | Ekonomi
BI Sebut Inflasi 2022 Bakal Lewati Batas Atas atau Capai 4%

MI/SUSANTO
Logo Bank Indonesia yang terpasang di pagar.

 

DEPUTI Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti memperkirakan bahwa pada tahun 2022 ini, inflasi akan melewati batas atas atau mencapai kisaran 4%. Hal ini disebabkan oleh risiko stagflasi (periode ketika inflasi dan konstraksi terjadi secara bersamaan) global yang dikatakan masih akan membayangi perekonomian Indonesia ke depan. 

"Dari BI sendiri masih sangat concern terkait inflasi walaupun di 2022 ini memang inflasi akan melewati batas atas kami di 4%. Namun di 2023 inflasi akan kembali di range 3% plus minus 1%," ungkapnya dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Badan Anggaran (Banggar) secara virtual, Senin (27/6).

Baca juga: Waskita Karya: Pembangunan Tol Bisa Tingkatkan 17% Pendapatan UMKM

Lebih lanjut, Destry menegaskan bahwa pihaknya akan terus mewaspadai tingkat inflasi ke depan khususnya dari volatile food dan dampak terhadap ekspektasi inflasi, di mana dalam hal ini BI akan menggunakan kebijakannya secara all out.

"Termasuk juga penyesuaian suku bunga apabila ada tanda-tanda kenaikan inflasi inti. Pada saat ini inflasi inti masih dalam posisi 3,6% dan BI juga akan melakukan koordinasi erat dengan pemerintah melalui Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID)," kata Destry.

Dia pun menuturkan bahwa pihaknya juga tengah concern dalam hal nilai tukar rupiah, di mana saat ini rupiah mengalami tekanan yang cukup tinggi.

Namun, menurutnya di tahun 2023 nanti tekanan diperkirakan mereda dan didukung kondisi fundamental Indonesia dan cadangan devisa Indonesia dikatakan masih ample, serta prospek perekonomian domestim yang kuat.

Destry menegaskan bahwa kebijakan BI ke depan untuk mengantisipasi beragam hal melalui kebijakan yang ada untuk mendukung upaya pengendalian inflasi dan stabilitas makro ekonomi. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Petrokimia Gresik

Peterokimia Gresik Raih Penghargaan Tertinggi TJSL & CSR Award 2022

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:30 WIB
Tidak hanya itu, Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo juga dinobatkan sebagai The Most Committed Leader to TJSL Initiative...
ANTARA/Fikri Yusuf

Indonesia Finalkan Hasil Pertemuan G20 DWG Tekankan Multilateralisme

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:20 WIB
DWG Meeting telah terlaksana tiga kali sepanjang...
PPI Dunia

Pelajar Indonesia di Luar Negeri Tak Boleh Minder

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 21:54 WIB
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan pelajar Indonesia tidak boleh minder dalam pergaulan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya