Senin 27 Juni 2022, 15:54 WIB

Waskita Karya: Pembangunan Tol Bisa Tingkatkan 17% Pendapatan UMKM

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Waskita Karya: Pembangunan Tol Bisa Tingkatkan 17% Pendapatan UMKM

ANTARA
Pengendara mobil pribadi melintasi jalan Tol Salatiga-Solo di Boyolali, Jawa Tengah.

 

Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk Destiawan Soewardjono memperkirakan pembangunan tol dapat meningkatkan pendapatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) antara 3 sampai 17 persen.

"Rata-rata estimasi kenaikan pendapatan UMKM dengan adanya ruas tol waskita baik di Jawa maupun Sumatera antara 3 sampai 17 persen," kata Destiawan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI yang dipantau di Jakarta, Senin.

Ia merinci pembangunan ruas tol Ciawi-Sukabumi akan meningkatkan pendapatan UMKM hingga 4,8 persen, tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu 17,9 persen, Cimanggis-Cibitung 7,8 persen, Pejagan-Pemalang 6,1 persen, dan Pasuruan-Probolinggo 5,4 persen.

Di samping itu pembangunan ruas tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar meningkatkan pendapatan UMKM sebesar 14,9 persen, tol Kayu Agung-Palembang-Betung 2,5 persen, tol Kanci-Pejagan 15,7 persen, Pemalang-Batang 5,5 persen, dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi - Parapat 6,6 persen.

Adapun sampai Maret 2022 Waskita Karya memiliki tingkat komponen dalam negeri hingga 83 persen, dengan rincian penggunaan TKDN dalam pembangunan ruas tol Cimanggis Cibitung mencapai 78 persen, tol Kayu Agung 75 persen, dan Tol Bacakayu 96 persen.

"Dapat dilihat bahwa pembangunan dan pengoperasian jalan tol di bawah PT Waskita Karya telah memenuhi persyaratan TKDN minimum yang ditetapkan pemerintah yaitu 60 persen," kata Destiawan.

Adapun berdasarkan analisis dari komponen yang masuk dalam perhitungan belanja, beberapa material untuk pembangunan dan pengoperasian jalan tol belum bisa dipenuhi karena belum dibuat di Indonesia.

"Artinya material tersebut masih diimpor, seperti peralatan elektronik dan lain-lain," ucapnya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist

5.000 Pelari Siap Semarakkan BRImo Colourful Run 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:45 WIB
Mengusung “Bring More Colour To Your Life”, BRI mengajak masyarakat untuk meningkatkan semangat hidup...
Dok. Anugerah Pangan Lestari

Perluas Pangsa Pasar, Anugerah Pangan Lestari Buka Gerai Orbeez di SCBD

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:41 WIB
Gerai makanan/minuman yang baru dibuka itu merupakan showcase atau display produk-produk lokal maupun impor dari PT Anugerah Pangan...
Dok Link Net

Berhasil Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Link Net Sabet Penghargaan ICXC dan ISTC 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:33 WIB
Fenomena peningkatan akses masyarakat ke konten serta platform atau aplikasi digital, telah mendorong semakin tingginya tuntutan konsumen...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya