Rabu 22 Juni 2022, 19:48 WIB

Jepang Siapkan Pendanaan Proyek Fase III MRT

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Jepang Siapkan Pendanaan Proyek Fase III MRT

MI/Susanto
Rangkaian MRT Jakarta tiba di Stasiun Blok M BCA

 

DIREKTUR Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menuturkan, pemerintah Jepang melalui Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) siap mendanai proyek Fase III Koridor East-West Line (Timur-Barat) di wilayah DKI Jakarta. Namun, tak disebutkan detail berapa nilai investasi tersebut.

Dengan total panjang 87 kilometer (km) proyek MRT East West Line akan melewati tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang membentang dari wilayah Cikarang di Bekasi dan Balaraja di Tangerang.

"Pemerintah Jepang sudah memberikan komitmen ikut mendanai fisik itu. Segmennya (berfokus) di Jakarta (MRT Fase III)," kata William dalam konferensi pers bersama Menteri Perhubungan saat berada di Jepang, Rabu (22/6).

Pada proyek Fase III MRT terbagi atas dua tahapan. Tahap 1 dari Kalideres–Ujung Menteng akan memiliki jalur sepanjang 33,9 km. Fase 1 tahap 1 akan dibangun jalur dari Ujung Menteng ke Taman Anggrek sepanjang 23,1 km. Kemudian, Fase 1 Tahap 2 dari Kembangan–Taman Anggrek sepanjang 10,8 km.

Berikutnya, Fase 2 akan memiliki jalur sepanjang 50,3 km. Ini terbagi atas jalur Ujung Menteng–Cikarang dengan 21,9 km dan Balaraja–Kembangan sepanjang 28,4 km. William menjelaskan, pendanaan JICA akan berfokus pada fase 1 tahap 1.

Baca juga : Pertunbuhan Ekonomi RI Diprediksi Capai 5,7%, Begini Respons Pemerintah

"Jepang berkomitmen untuk segmen pertama dengan panjang 23 km, itu akan dikerjakan pertama," tuturnya.

William menerangkan, saat ini perencanaan proyek Fase III dalam proses Engineering Service (Aligment Study & BED). MRT Fase 3 Timur-Barat diproyeksikan memakan anggaran hingga Rp 160 triliun.

JICA, lanjut William, juga berkomitmen pada pendanaan proyek Fase 2A MRT Jakarta yang terbentang dari Bundaran HI hingga Kota dengan memiliki tujuh stasiun dengan panjang jalur sekitar 6,3 kilometer.

"Pemerintah Jepang melalui JICA sudah memberikan komitmennya melakukan akselerasi pada proyek tersebut. Dalam waktu singkat akan ditandatangani komitmen pendanaan baru," jelas Dirut MRT Jakarta itu.

Selain itu, JICA akan mengucurkan dana pada proyek MRT Fase 2B rute Kota-Ancol Barat yang memiliki panjang sekitar 6 km. Saat ini proyek tersebut masih dalam tahapan feasibility study (FS) atau studi kelayakan. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

Ekonom Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2023 Turun Menjadi 5,04%

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 06 Februari 2023, 17:59 WIB
Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2023 akan mengandalkan sektor domestik dibandingkan sektor eksternal karena ketidakpastian ekonomi...
Antara

Hingga Saat Ini, Ada 142 Investor Tertarik Berinvestasi di IKN Nusantara

👤Ficky Ramadhan 🕔Senin 06 Februari 2023, 17:39 WIB
Dari 142 investor yang tertarik, sebanyak 90 investor telah menyatakan keseriusan untuk berinvestasi di proyek pembangunan IKN Nusantara di...
Ist

Masuk Musim Panen Padi, Mentan SYL Cek Penggilingan di Kabupaten Bogor

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 17:29 WIB
Kunjungan Mentan SYL ke Kabupaten Bogor dilakukan guna memperkuat pasokan beras nasional khususnya sebagai salah satu penyangga beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya