Selasa 17 Mei 2022, 15:00 WIB

Harga IPO Terbesar di India Turun 7% pada Debut Pasar

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Harga IPO Terbesar di India Turun 7% pada Debut Pasar

AFP/Indranil Mukherjee.
Seorang pejalan kaki berjalan melewati papan reklame grup asuransi milik negara dan perusahaan investasi Life Insurance Corporation.

 

IPO terbesar India, raksasa asuransi milik negara LIC, turun 7% dari harga flotasi 949 rupee ketika melakukan debut pasarnya, Selasa (17/5). Pemerintah India mengumpulkan US$2,7 miliar dari penjualan 3,5% sahamnya di Life Insurance Corporation (LIC) untuk memperbaiki keuangan publik yang rusak.

Flotasi, tertunda dari Maret karena volatilitas pasar dan pengurangan dalam menghadapi permintaan yang terbatas, kelebihan permintaan hampir tiga kali selama periode aplikasi enam hari.

Debut yang diredam menguji kesabaran pemegang saham baru ketika Perdana Menteri Narendra Modi berusaha menjual aset negara untuk memonetisasi dan memodernisasi perusahaan yang dinasionalisasi dan menyumbat defisit fiskal sekitar 16,6 triliun rupee (US$213,5 miliar).

Saham di LIC terdaftar dengan diskon 7% dari harga penawarannya 949 rupee, sebelum naik sedikit, meskipun tetap jauh di bawah harga flotasi.

Didirikan pada 1956 dengan menasionalisasi dan menggabungkan lebih dari 240 perusahaan, LIC selama beberapa dekade identik dengan asuransi jiwa di India pascakemerdekaan hingga masuknya perusahaan swasta pada 2000.

 
 
 
Ia terus memimpin dengan 61% pangsa pasar di India dengan pasukan 1,3 juta agen LIC memberikan jangkauan besar, terutama di daerah perdesaan terpencil.

Namun pangsa pasar LIC terus menurun dalam menghadapi persaingan dari perusahaan asuransi swasta yang menawarkan produk khusus. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Antara

KKP: Perikanan Skala Kecil Penting Menopang Ketahanan Pangan RI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 30 Juni 2022, 11:08 WIB
Pemerintah juga melaksanakan program perlindungan dan pemberdayaan nelayan kecil antara lain melalui penyediaan akses kepada permodalan,...
Unsplash.com

Kiat Memanfaatkan Media Digital agar Bisnis Lebih Dikenal

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 11:04 WIB
Kini berjualan pun tak harus memiliki toko, namun setiap orang bisa membuat tokonya sendiri secara...
ANTARA/Adwit B Pramono

DPR Minta Pendaftaran BBM Subsidi tidak Menyulitkan Masyarakat

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 30 Juni 2022, 10:40 WIB
"Harus dipikirkan juga untuk mungkin dibuka pendaftaran manual secara mudah di SPBU atau di tempat lain dan pascapendaftaran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya