Rabu 11 Mei 2022, 21:42 WIB

Philip Morris Tawarkan Rp233 Triliun Beli Perusahaan Tembakau tanpa Asap Swedia

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Philip Morris Tawarkan Rp233 Triliun Beli Perusahaan Tembakau tanpa Asap Swedia

AFP/Fabrice Coffrin.
Logo Philip Morris di Swiss.

 

PRODUSEN rokok Marlboro, Philip Morris International, Rabu (11/5), mengatakan pihaknya menawarkan US$16 miliar atau sekitar Rp233 triliun untuk mengakuisisi perusahaan tembakau tanpa asap, Swedish Match. Ini karena kelompok Amerika Serikat itu ingin menjauh dari bisnis rokok tradisionalnya.

Direksi Swedish Match merekomendasikan agar pemegang sahamnya menerima tawaran 106 kronor Swedia per saham. Ini hampir 40% di atas harga penutupan saham pada Senin, kata perusahaan dalam pernyataan terpisah.

Kesepakatan itu akan berjumlah 161,2 miliar kronor Swedia (15 miliar euro). Swedish Match yang berbasis di Stockholm memperoleh lebih dari 65% pendapatannya dari produk bebas asap rokok, termasuk tembakau kunyah dan kantong nikotin merek Zyn.

Philip Morris mengumumkan pada 2016 tujuan jangka panjang untuk berhenti menjual rokok dan menggantinya dengan alternatif yang dikatakan kurang berbahaya. Perusahaan AS menjual merek rokok seperti Marlboro dan Chesterfield di 180 pasar di luar Amerika Serikat dan menginvestasikan miliaran dolar sejak 2008 dalam produk uap, nikotin oral, dan produk berisiko rendah lain.

Tahun lalu, mereka mengambil alih produsen inhaler pernapasan Inggris Vectura yang kontroversial, meskipun ada tentangan sengit dari para aktivis kesehatan dan kelompok medis. Kelompok ini berencana menghasilkan setidaknya US$1 miliar pendapatan bersih tahunan dari produk bebas nikotin pada 2025.

Philip Morris dan Swedish Match mengonfirmasi pembicaraan pengambilalihan pada Senin menyusul laporan Wall Street Journal. "Kami dengan senang hati mengumumkan langkah menarik berikutnya dalam lintasan Philip Morris International dan Swedish Match menuju masa depan bebas asap rokok," kata kepala eksekutif perusahaan AS, Jacek Olczak, dalam suatu pernyataan.

Baca juga: IEA Prediksi Energi Terbarukan Cetak Rekor Baru pada 2022

"Didukung oleh alasan strategis dan keuangan yang menarik, kombinasi ini akan menciptakan juara bebas rokok global--diperkuat dengan jejak geografis yang saling melengkapi, kemampuan komersial, dan portofolio produk--serta membuka platform signifikan untuk pertumbuhan di AS dan internasional," katanya. 

Ketua Swedish Match Conny Karlsson mengatakan kepada AFP bahwa kesepakatan itu merupakan tawaran bagus bagi pemegang saham. "Senang memiliki kesempatan untuk memperluas distribusi produk kami yang dapat bersaing dengan rokok," kata Karlsson. (OL-14)

Baca Juga

Antara

SBN Indonesia Masih Menarik Bagi Investor Asing dan Domestik

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:41 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan tingkat imbal surat utang negara AS US Treasury (UST) diproyeksikan bisa mencapai 3,45%...
Dok.Betolar

Perusahaan Finlandia Siap Pasok Beton Rendah Karbon Geoprime untuk Pembangunan Ibu Kota Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:33 WIB
Perusahaan teknologi material Finlandia, Betolar, telah mengembangkan solusi Geoprime untuk produksi beton yang tahan lama, berkelanjutan,...
Antara

Pakai Produk Lokal Upaya Bangun Kemandirian Bangsa

👤Siti Yona Hukmana 🕔Selasa 24 Mei 2022, 16:18 WIB
Menurut Lestari, target menghubungkan sektor UMKM dengan market place agar bisa memasarkan produknya secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya