Kamis 28 April 2022, 13:46 WIB

Pintu Bagasi Pesawat Terbuka saat Take Off, Garuda Indonesia Minta Maaf

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pintu Bagasi Pesawat Terbuka saat Take Off, Garuda Indonesia Minta Maaf

Antara/Rivan Awal Lingga.
Petugas bagasi menaikkan barang ketika menyiapkan penerbangan maskapai Garuda Indonesia di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.

 

DIREKTUR Utama (Dirut) Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengaku tengah melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan kondisi pintu kompartemen kargo pada pesawat penerbangan GA 309 Rute Surabaya-Jakarta yang terbuka. Pintu bagasi itu dikatakan belum sepenuhnya tertutup ketika pesawat akan didorong mundur dari posisi parkirnya (push back) menuju area landasan (taxiway) sebelum lepas landas di Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang pada penerbangan tersebut," kata Irfan dalam keterangan resmi, Kamis (28/4). Penerbangan yang terjadwalkan berangkat pada Rabu (27/4) pukul 11.25 WIB telah melakukan prosedur boarding secara normal sesuai dengan standar operasional yang berlaku.

Namun demikian, Irfan mengatakan, ketika pesawat bersiap untuk pushback, petugas avsec melihat terdapat pintu kompartemen kargo pesawat yang belum tertutup dengan sempurna. "Kondisi tersebut juga terlihat oleh pilot melalui indikator di kokpit yang kembali menyala dan menunjukkan kompartemen pintu kargo yang belum tertutup rapat," ucapnya.

Baca juga: Inflasi Australia Sentuh Level Tertinggi dalam 20 Tahun

Hal tersebut, lanjutnya, diteruskan kepada petugas ramp check dan ground handling untuk dilakukan penutupan pintu kompartemen kargo pesawat sesuai dengan prosedur yang berlaku. "Tentu peristiwa ini menjadi evaluasi dan catatan penting bagi kami dalam memastikan tata kelola safety pada seluruh lini operasi berjalan dengan maksimal," jelas Irfan.

Atas temuan ini, Garuda Indonesia langsung melakukan koordinasi secara internal maupun bersama stakeholders layanan kebandarudaraan terkait. Untuk penerbangan GA 309 tersebut, dipastikan Irfan telah mendarat dengan normal dan lancar di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 13.20 kemarin. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/AMPELSA

Menkeu akan Cairkan PMN Garuda usai Disetujui 365 Perwakilan Kreditur

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:33 WIB
Saat ini sebanyak 347 atau 95,07% perwakilan kreditur telah menyetujui proposal Garuda dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang...
 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Legislator: Penggunaan Aplikasi Pertamina untuk BBM Subsidi Sudah Adil 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:52 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Rafli menilai penerapan mekanisme aplikasi My Pertamina untuk memperoleh BBM Subsidi seperti Pertalite dan Solar...
Antara/Adwit B Pramono

Negara Hadir! Pemerintah Bayar Kompensasi Rp 64.5 T, Perkuat Arus Kas Pertamina, Proteksi Daya Beli Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:18 WIB
Sepanjang 2022 total pembayaran subsidi dan kompensasi untuk periode hingga 2021 yang telah dibayarkan Pemerintah kepada Pertamina sebesar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya